Senator AS: Keputusan Trump Menjilat Asing

Washington, MINA – Keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) yang tetap memilih mendukung dinilai oleh Senator AS sebagai “suapan yang menjilat kepada otoritas asing.”

Senator Demokrat, Tim Kaine menulis di Twitter pada Selasa (20/11) menuduh Presiden Trump menempatkan “Arab Saudi yang pertama” dalam pembelaannya, demikian Al Jazeera melaporkan yang dikutip MINA.

Sebelumnya, Trump memutuskan tidak mengambil tindakan hukuman terhadap Arab Saudi atau Pangeran Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, Trump mengatakan, AS bermaksud tetap menjadi “mitra setia” Arab Saudi, meskipun “sangat mungkin” bahwa Pangeran Mohammed memiliki informasi tentang pembunuhan itu.

Senator Bob Corker dan Bob Menendez meminta Trump, dalam sebuah surat yang dikirim pada Selasa, untuk menyelidiki peran Putra Mahkota dalam kematian Khashoggi.

“Mengingat perkembangan terakhir, termasuk pengakuan pemerintah Saudi bahwa para pejabat Saudi membunuh Khashoggi di konsulat Istanbul, kami meminta tekad Anda secara khusus untuk mengatasi apakah (Mohammed bin Salman) bertanggung jawab atas pembunuhan Tuan Khashoggi,” kata Corker dari Republik dan Menendez dari Demokrat.

Para senator menjalankan Undang-undang Magnitsky yang memungkinkan pemerintah AS memberikan sanksi kepada individu-individu yang diketahui melakukan pelanggaran HAM berat. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.