SERAGAM SEKOLAH ANTI-RADIASI

Seragam sekolah baru yang dapat melindungi murid dari radiasi telepon genggam atau gadget lainnya. (Sumber foto: Khabar.kz/Astanatimes)
baru yang dapat melindungi murid dari radiasi telepon genggam atau gadget lainnya. (Sumber foto: Khabar.kz/Astanatimes)

Astana, 25 Dzulqa’dah 1436/9 September 2015 (MINA) – Salah satu pabrik pakaian di merancang saku seragam sekolah yang dapat melindungi anak dari bahaya radiasi elektromagnetik. Seragam itu dibanderol senilai USD 62 (sekitar Rp.883,9 ribu).

Seorang ibu Aigul Naushabayeva mengatakan seragam dengan inovasi baru itu akan banyak dicari orang tua yang ingin melindungi anak mereka dari dampak buruk layar gadget. Sebab, pada zaman sekarang, gadget sudah menyatu dengan anak-anak.

“Anak-anak sebaiknya memakai seragam itu mengingat kesehatan sangat berharga,” tandas seorang ibu yang memiliki anak berusia 12 tahun itu kepada The Astana Times, dikutip Mi’raj Islamic News Agency.

“Dewasa ini, anak-anak sangat tahu betul tentang teknologi dan menghabiskan terlalu banyak waktu dengan telepon genggam,” lanjutnya.

Pernyataan Aigul bukan tanpa alasan. Menurut para ahli, anak-anak sensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Penggunaan telepon genggam yang berlebihan dapat merusak sistem imun dan membuat anak-anak terancam gangguan ingatan dan kelainan dalam tidur.

Seragam itu menjawab tantangan tersebut. Modelnya pun beranekaragam, baik bagi laki-laki ataupun perempuan. Secara kasat mata, seragam itu seperti seragam formal biasa. Pengelola toko pusat di Astana, Dilyaram Tursinova, menjelaskan rahasia di balik seragam itu.

“Kami menggunakan kain bersenyawa tembaga perisai-X untuk bahan yang nantinya dijahit menjadi saku. Dalam uji coba di laboratorium, ketika telepon genggam dimasukkan ke dalam saku itu, efek radiasi akan berkurang sekitar 80 persen-90 persen,” paparnya.

Seragam anti-radiasi tersebut diproduksi di wilayah Almaty, kota paling besar di Kazakhstan. Saat ini, distribusinya hanya mencapai Astana, Karaganda, dan Moskow, Rusia. Pada tahun ini, pihak perusahaan memproduksi 50.000 seragam. (T/P020/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0