Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seribu UMKM Jakarta Dapat Sertifikat Halal

kurnia Editor : Widi Kusnadi - Sabtu, 10 Agustus 2024 - 08:14 WIB

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 08:14 WIB

19 Views ㅤ

PPKUKM) Provinisi DKI Jakarta Apresiasi keberhasilan pemberian 1000 sertifikat halal kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaannya. (Foto: LPPOM MUI)

Jakarta, MINA – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinisi DKI Jakarta, Elizabeth Ratu Rante Alo mengapresiasi keberhasilan pemberian 1000 sertifikat halal kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaannya.

“Sertifikasi halal ini adalah langkah strategis membantu UMKM memenuhi standar dan regulasi semakin penting di pasar lokal maupun global,” kata Elizabeth dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Sabtu (10/8).

Menurutnya, program ini merupakan bagian dari upaya Dinas PPKUKM mendukung peningkatan daya saing dan kepercayaan konsumen terhadap produk UMKM di Jakarta.

Dinas PPKUKM berkomitmen terus mendampingi UMKM dalam berbagai program pengembangan kapasitas dan sertifikasi, dan apresiasi semua pihak yang mendukung keberhasilan program tersebut.

Baca Juga: Indonesia-Singapura Tandatangani MoU Jaminan Produk Halal

“Proses sertifikasi halal ini dilaksanakan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI DKI Jakarta, merupakan lembaga yang diakui dan memiliki pengalaman melakukan sertifikasi halal,” katanya.

Kerjasama LPPOM DKI Jakarta ini bertujuan memastikan semua UMKM binaan dapat memenuhi standar halal yang sesuai dengan ketentuan syariah dan peraturan pemerintah.

Ia juga menyampaikan, sertifikasi halal ini adalah langkah strategis dalam membantu UMKM memenuhi standar dan regulasi semakin penting di pasar lokal maupun global.

“Dengan adanya sertifikasi halal, produk-produk UMKM kita tidak hanya memenuhi aspek syariah, tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen, baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Baca Juga: BPJPH Cabut Sertifikat Halal Roti Okko

Sementara Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta, Deden Edi S mengatakan, kepercayaan dari Dinas PPKUKM DKI Jakarta telah ditunaikan sesuai dengan target waktu.

“Hal ini penting bagi UMKM yang telah mendapat sertifikat halal karena produknya akan semakin dipercaya serta image produknya semakin baik dan diharapkan berdampak pada semakin berkembang perusahaannya” ujar Deden.

Program sertifikasi halal ini juga mencakup pelatihan dan pendampingan intensif bagi UMKM untuk memastikan mereka dapat memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh BPJPH.

Seorang pelaku UMKM yang telah menerima sertifikat halal, Dian Maria pemilik usaha Delta Mahardika Javacrispy, mengungkapkan syukur atas inisiatif ini.

Baca Juga: Dukung Wisata Halal, Asphuri Cetuskan “One Travel One Pondok Pesantren”

“Sertifikat halal ini tidak hanya menambah kepercayaan pelanggan terhadap produk kami, tetapi juga membuka peluang baru memperluas pasar kami, termasuk di kalangan masyarakat Muslim,” katanya.

Dian mengatakan, pemberian sertifikat halal diterbitkan oleh BPJPH ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi UMKM lainnya untuk mengikuti jejak yang sama, guna meningkatkan kualitas dan daya saing produk mereka.

Acara penyerahan sertifikat halal ini berlangsung di JCC dalam acara seminar dan pameran Jitex yang diselenggarakan oleh Pemprov DK Jakarta pada Jum’at (9/8), dihadiri berbagai pihak terkait, termasuk Para Pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, MUI DK Jakarta, Perwakilan LPPOM DKI Jakarta, asosiasi UMKM, dan pelaku UMKM.

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: UIN Alauddin Makassar dan NAHA Jepang Sepakat Bangun Industri Halal

Rekomendasi untuk Anda

Halal
Palestina
MINA Preneur
Palestina