Setiyana Abu, Juara MTQ yang Ingin Cetak Generasi Pecinta Al-Quran dan Shalawat

Ternate, MINA – Nama aslinya Setiyana Abu, kelahiran 11 September 1999, adalah sosok Muslimah Juara 1 PTQ (Pekan Tilawatil Quran) RRI tingkat Provinsi Maluku Utara tahun 2020, Cabang Tilawatil Quran golongan dewasa.

Ia yang biasa disapa Anna Tidore pun mengikuti PTQ (Pekan Tilawatil Quran) RRI Tingkat Nasional ke-55 di Aceh 2022, mewakili Provinsi Maluku Utara. Namun belum memperoleh juara Nasional.

Anna Tidore, merupakan putri pasangan Abu Bakar dan Herlina A. Latif, berasal dari Kelurahan Mafututu, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Gadis lulusan IAIN Ternate jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir tahun 2022 ini, juga peraih Juara 3 pada Indonesia Mengaji di stasion TV Nasional Indosiar tahun 2019.

Pengajar Al-Quran di TPQ Fastabiqul Chairat Tanah Tinggi, Kec. Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara ini juga merupakan Juara 1 Cover Shalawat Antar PTKIN Se-Indonesia tahun 2020 dan Semifinalis Syair Ramadhan di stasiun TV Nasional GTV tahun 2022.

Ia bercita-cita ingin mencetak generasi pecinta Al-Quran dan Shalawat, ujar Muslimah yang pernah sekolah di Jurusan Farmasi SMKN 1 Tikep, Maluku Utara.

Pengajar Al-Quran sejak tahun 2016 ini, saat bersilaturrahim ke Provisi Jambi, sempat mengikuti Training Jurnalistik, yang diselenggarakan oleh Syubban Fatayat Jama’ah Muslimi (Hizbullah) Wilayah Jambi bekerjasama dengan Kantor Berita  MINA, di Kompleks Pesantren Al-Fatah Desa Perintis, Kec. Rimbo Bujang, Kab. Tebo, Jambi, 9-10 September 2022.

“Saya senang mengikuti training ini, menambah pengalaman saya,” ujarnya kepada MINA.

“Selagi Allah masih memberikan kesempatan , maka hiduplah dengan baik, jadilah orang baik, dan berikan yang terbaik untuk orang lain”, begitu motto hidupnya,” katanya.

Saat ini ia aktif mengajar Al-Quran keliling bersama komunitas Pengajian Al-Quran, yang dilakukan sepekan sekali di berbagai Masjid/TPQ se-Kota Tidore. (A/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)