Sheikh Hasina: Reaksi Myanmar Masalah Bagi Bangladesh

Perdana Menteri (kanan) bertemu dengan Sekjen BIMSTEC Sumith Nakandala di Gana Bhaban, Dhaka, Kamis, 7 September 2017. (Foto: NB)

Dhaka, MINA – Perdana Menteri Sheikh Hasina mengkritik reaksi Pemerintah terhadap Rohingya dan telah menimbulkan masalah bagi Bangladesh.

“Cara pemerintah Myanmar bereaksi terhadap etnis Rohingya menciptakan masalah bagi Bangladesh,” katanya pada Kamis (7/9). Demikian News Bangladesh memberitakan yang dikutip MINA.

Bangladesh telah menampung sekitar 400.000 pengungsi Rohingya yang telah meninggalkan Myanmar selama bertahun-tahun.

Sementara kekerasan militer Myanmar pada Oktober 2016 membuat sekitar 87.000 orang Rohingya menyelamatkan diri ke Bangladesh, membawa serta kisah-kisah mengerikan tentang pembunuhan, pemerkosaan dan desa-desa yang dibakar.

Konflik kekerasan terbaru terhadap komunitas Rohingya telah membuat 164.000 pengungsi baru masuk ke Bangladesh. Sementara masih ada ribuan pengungsi lainnya yang terjebak di perbatasan.

Dua hari sebelumnya, Perdana Menteri Hasina telah mendesak Pemerintah Myanmar untuk mengambil pulang pengungsi Rohingya.

“Tidak sopan sebuah negara ketika warganya berlindung di negara lain,” kata Perdana Menteri wanita itu di Gana Bhaban, Dhaka. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.