Sidang Umum PBB Setujui Palestina Jadi Pemimpin “Kelompok 77 dan Cina”

New York, MINA – Perwakilan Palestina untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Riyad Mansour memuji suara sidang umum PBB sebagai “kemenangan politik baru” yang mendukung Negara Palestina untuk memegang  kepemimpinan “Kelompok 77 dan Cina”, mulai tahun depan.Rabu (17/10).

“Sidang Umum PBB Rabu (17/10)  mendukung resolusi yang memberikan kekuatan tambahan Palestina, untuk dapat mengambil alih kepemimpinan “Kelompok 77 dan Cina”, dengan 146 suara mendukung, dan hanya tiga yang menentang yakni Israel, Amerika Serikat dan Australia, dan 15 abstain,” kata Mansour, demikian Maan News Agency melaporkan dikutip MINA.

Mansour berbicara kepada Radio Voice of Palestine memuji kepercayaan masyarakat internasional terhadap Palestina untuk memimpin 134 negara dan merundingkan sekitar 70 persen dari masalah agenda PBB yang menjadi perhatian kemanusiaan secara umum dan untuk membantu negara berkembang mengembangkan ekonominya.

Dia mengatakan bahwa “suara komunitas internasional, di antara mereka sebagian besar negara-negara Eropa, mendukung pengakuan status Palestina dan mengakhiri penjajahan Israel atas wilayah Palestina, serta mengakui hak Palestina untuk keanggotaan penuh di PBB.

Saat ini Palestina adalah anggota PBB non negara.

Mansour mengatakan, sesi terbuka akan diadakan Kamis (18/10), di Dewan Keamanan PBB untuk membahas situasi politik dan bahwa negara-negara anggota akan menyatakan konsensus internasional untuk mengakhiri pendudukan Israel dan mendukung solusi dua negara dan Al-Quds (Yerusalem Timur) adalah Ibu Kota negara Palestina dan itu adalah tanah yang diduduki. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)