Siswa Madrasah Aliyah se – Solo Raya Dibekali Kemampuan Menulis Islam Santun

Surakarta, MINA – Siswa siswi Madrasah Aliyah (MA) se – Solo Raya mendeklarasikan Islam Santun, Jumat (10/8), dengan pembekalan kemampuan menulis tentang Islam yang sanbtun..

Deklarasi ini dilakukan dalam kegiatan “Workshop Literasi Islam Santun dan Toleran” yang digagas oleh Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPPN) IAIN Surakarta.

Workshop dibuka oleh Wakil Rektor 1 IAIN Surakarta Abdul Matin yang diikuti siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Solo.

“Sekarang sudah saatnya siswa dibekali dengan semangat literasi untuk menyongsong generasi masa depan Indonesia yang hebat,” kata Abdul Matin.

Dikutip dari rilis Kemenag,  Direktur PKPPN IAIN Surakarta, M. Zainal Anwar, kegiatan  berlangsung dua hari, 10-11 Agustus 2018,  bertujuan membekali siswa madrasah dengan kemampuan menulis sehingga dapat mempromosikan Islam santun.

“Setelah acara ini, diharapkan para siswa mampu mengkampanyekan Islam santun di madrasah masing-masing dengan menyebarluaskan tulisan yang mereka buat,” ujar Anwar.

Berikut lima poin deklarasi yang dibacakan: 1) menolak penggunaan agama sebagai sumber ujaran kebencian, 2) menebarkan Islam santun di masyarakat dan media sosial, 3) merawat perdamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, 4) memupuk kerukunan demi terwujudnya persaudaraan antar sesama, 5) menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)