Siswa MAN 1 Jembrana, Bali Juara Kompetisi TikTok Literasi Halal Nasional

Jembrana, MINA – Garda Ali Rayhaan, Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana meraih prestasi tingkat nasional dengan menjuarai Lomba Indonesia.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Pusat Pengkajian Masyarakat dan Pendidikan Islam Nusantara (PPM-PIN) UIN Raden Mas Said Surakarta.

Seperti dikutip dari laman Kemenag RI pada Sabtu (27/11), ajang tersebut bertujuan untuk menyemarakkan literasi halal dan menumbuhkan kesadaran halal bagi masyarakat Indonesia melalui remaja milenial. Tema lomba tersebut merujuk pada buku saku halal yang diterbitkan oleh BPJH Kemenag RI dan PPM-PIN.

Garda menyampaikan, keikutsertaannya pada Lomba TikTok Literasi Halal itu memiliki misi untuk menggelorakan pentingnya produk halal bagi masyarakat. Dia juga menerangkan, peran remaja sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang produk halal dengan cara milenial menggunakan platform aplikasi TikTok, mengingat saat ini pengguna smartphone mayoritas remaja.

“Produk halal sangat penting bagi masyarakat. Saat ini pengguna smartphone didominasi oleh kalangan remaja, sehingga lomba ini sangat sesuai untuk mengedukasi masyarakat khususnya remaja tentang pentingnya produk halal. Cara penyampaian pesan yang kekinian, diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk mencari tahu tentang pentingnya produk halal,” tutur Garda saat dikonfirmasi di MAN 1 Jembrana, Kamis (25/11).

“Melalui literasi diharapkan akan tumbuh kesadaran bersama untuk menjadikan halal bukan sekadar berorientasi pemenuhan ekonomi, tetapi juga menyiapkan masa depan diri dan bangsa menjadi lebih baik,” sambungnya.

Diah Rif’atul Husna selaku pembina mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih anak didiknya. Diah juga mengungkapkan apresiasinya kepada Garda karena telah berinisiatif mengikuti kompetisi dengan misi khusus menggaungkan pentingnya halal passion bagi masyarakat. Dia berharap prestasi yang diraih ini menjadi langkah nyata peran remaja untuk turut serta mem-boomingkan halal kepada masyarakat. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.