Siswa Palestina Rebut Medali Perak Olimpiade Matematika Arab

Ramallah, MINA – Menteri Pendidikan Palestina pada Sabtu (26/12) mengumumkan, Alaa Ali Halabiya, seorang siswi Sekolah Menengah Perempuan dari Abu Dis, Yerusalem, memenangkan medali perak dalam Olimpiade Matematika Arab.

Dalam olimpiade tersebut, Halabiya bersaing dengan 50 siswa dari 14 negara Arab, Wafa melaporkan.

Menteri Pendidikan Palestina Marwan Awartani mengatakan, kemenangan tersebut mendemonstrasikan keunggulan siswa-siswa Palestina dan kepemimpinan mereka di dunia internasional.

Menurutnya, siswa-siswa Palestina mempunyai minat yang besar pada pengajaran matematika, sains, dan teknologi.

Prestasi Halabiya di kancah internasional itu tergolong luar biasa, mengingat kondisi pendidikan di Palestina yang terus-menerus mendapat ancaman dari pendudukan Israel.

Puluhan sekolah di Tepi Barat yang diduduki saat ini sedang dalam perintah pembongkaran. Sementara otoritas Israel mengatakan sekolah dibangun tanpa izin.

Sedangkan badan anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unicef)mencatat bahwa dokumen semacam itu sangat sulit diperoleh.

“Banyak anak di Negara Palestina menghadapi tantangan untuk mengklaim hak ini (atas pendidikan), tetapi tantangan yang dihadapi oleh anak-anak itu membuat mereka berpotensi sangat rentan,” kata Lucia Elmi, perwakilan khusus Unicef untuk Palestina seperti dikutip dari Republika. (T/RE1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)