Siswa Pekanbaru Raih Juara Kompetisi Astronomi Internasional

, MINA – Siswa Negeri 1 Pekanbaru (), Yafi Amri, mengukir sejarah prestasi internasional, berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih Juara pada International Award Astonomy and Astrophysics Competition () Edition of 2020.

“Alhamdulillah, kita bersyukur. Keberhasilan Yafi Amri ini menjadi bukti tidak lunturnya semangat siswa untuk belajar di tengah pandemi covid-19,” kata Kepala MAN 1 Pekanbaru Marzuki, demikian dikutip dari laman kemenag, Selasa (28/07).

IAAC atau Kompetisi Astrofisika Internasional merupakan ajang kompetisi astronomi online untuk siswa dari semua negara, termasuk Indonesia.

Kompetisi IAAC 2020 diikuti oleh siswa dari 74 negara di dunia. Yafi yang saat ini duduk di kelas XII Mia Smart Cendikia (MSC) 2 MAN 1 Pekanbaru berhasil mengungguli peserta dari 72 negara lainnya, seperti Malaysia, Amerika, Eropa, dan lainnya.

Baca Juga:  BTM Diyakini Jadi Jembatan Enterpreneur Warga Muhammadiyah

“Yafi menjadi satu-satunya siswa Indonesia yang berhasil meraih juara pada kompetisi dengan melewati tiga babak. Babak penyisihan, pre final dan final” tambah Marzuki.

Yafi berjuang meraih juara 2 internasional sudah dimulai sejak Mei 2020.

Pengumuman pemenang babak penyisihan diumumkan tanggal 25 Mei 2020, nama Yafi Amri keluar sebagai peserta yang maju ke babak pre final. Babak pre final diumumkan tanggal 29 Juni 2020 dan pengumuman final pada 27 Juli 2020.

Dengan prestasinya sebaga juara 2 IAAC Edition of 2020, Yafi pun berhak mendapatkan penghargaan sertifkat Internasional dan uang tunai 100 USD (1,5 juta Rupiah).

Semoga ini menjadi motivasi bagi anak- anak madrasah untuk terus berprestasi di ajang dan Internasional. (R/SRT/P2)

Baca Juga:  PHU Tertibkan Penempatan Akomodasi Jamaah Haji Indonesia

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.