Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ar-Razi: Ilmuwan Serba Bisa dari Zaman Keemasan Islam

Bahron Ansori Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 9 Juli 2024 - 21:04 WIB

Selasa, 9 Juli 2024 - 21:04 WIB

13 Views

Abu Bakar Muhammad bin Zakariya ar-Razi, dikenal sebagai Rhazes di Barat, adalah seorang ilmuwan serba bisa yang hidup di era Keemasan Islam (864-925 M). [foto:ig]

Oleh Bahron Ansori, wartawan MINA

Abu Bakar Muhammad bin Zakariya ar-Razi, dikenal sebagai Rhazes di Barat, adalah seorang ilmuwan serba bisa yang hidup di era Keemasan Islam (864-925 M). Lahir di Rayy, Iran, Ar-Razi mendedikasikan hidupnya untuk mempelajari berbagai bidang ilmu, termasuk kedokteran, filsafat, logika, teologi, matematika, fisika, astronomi, dan alkimia. Kontribusinya yang luar biasa dalam berbagai bidang ini membuatnya menjadi salah satu ilmuwan paling berpengaruh dalam sejarah.

Ar-Razi dikenal sebagai salah satu dokter paling terkemuka di masanya. Dia mendirikan rumah sakit di Rayy dan Baghdad, di mana dia melakukan penelitian dan praktik medis. Karyanya tentang penyakit cacar dan campak dianggap sebagai salah satu kontribusi paling penting dalam sejarah kedokteran. Ar-Razi juga menulis banyak buku tentang kedokteran, termasuk “The Comprehensive Book of Medicine”  (al-Hawi), yang menjadi referensi utama bagi para dokter selama berabad-abad.

Aneka Kontribusi Ar-Razi

Baca Juga: Shalahuddin Al-Ayyubi Pembebas Al-Aqsa, Pelajaran dari Kunci Sukses Perjuangannya

Ar-Razi adalah seorang filsuf yang kritis dan independen. Dia menulis banyak karya tentang filsafat, termasuk “The Doubts of al-Razi” (Doubts About Galen), di mana dia mempertanyakan beberapa teori medis Galen, seorang dokter Yunani kuno yang sangat dihormati. Ar-Razi juga tertarik pada filsafat alam dan metafisika. Dia menulis tentang sifat waktu, ruang, dan kausalitas, dan dia mengembangkan teori tentang asal mula alam semesta.

Selain kedokteran dan filsafat, Ar-Razi juga membuat kontribusi penting dalam bidang lain, seperti logika, teologi, matematika, fisika, astronomi, dan alkimia. Dia menulis tentang logika deduktif dan induktif, dan dia mengembangkan metode untuk memecahkan masalah logis yang kompleks.

Ar-Razi juga tertarik pada teologi dan dia menulis tentang sifat Tuhan dan hubungan antara iman dan akal. Dalam matematika, dia membuat kontribusi pada geometri dan aljabar. Dia juga melakukan penelitian tentang fisika dan astronomi, dan dia menulis tentang sifat cahaya, gerakan planet, dan struktur alam semesta. Ar-Razi juga tertarik pada alkimia, dan dia melakukan eksperimen untuk mencoba mengubah logam dasar menjadi emas.

Dalam bidang kedokteran, Ar-Razi diakui sebagai salah satu tokoh paling penting dalam sejarah kedokteran. Ia dikenal atas kontribusinya dalam berbagai bidang, di antaranya seperti berikut ini.

Baca Juga: Abdullah Azzam, Ulama Pelopor Jihad Afghan dan Palestina

Pertama, diagnosis dan pengobatan penyakit: Ar-Razi menulis beberapa buku teks medis yang komprehensif, termasuk “Al-Hawi” (“The Comprehensive”) yang menjadi rujukan utama bagi para dokter selama berabad-abad. Ia juga dikenal atas kemampuannya dalam mendiagnosis penyakit dengan cermat dan mengembangkan metode pengobatan yang inovatif untuk berbagai penyakit.

Kedua, penelitian penyakit menular. Ar-Razi merupakan orang pertama yang membedakan cacar air dari campak dan memberikan deskripsi terperinci tentang kedua penyakit tersebut. Ia juga mempelajari penyakit pes dan demam tifoid, dan mengembangkan metode untuk mengendalikan penyebarannya.

Ketiga, etika kedokteran. Ar-Razi menekankan pentingnya etika dalam praktik medis. Ia menulis buku “L’éthique du médecin”  (“The Ethics of the Physician”) yang membahas tentang kewajiban dokter terhadap pasiennya dan pentingnya menjaga kerahasiaan informasi medis.

Warisan dan Pengaruh

Baca Juga: Roehana Koeddoes, Pelopor Pergerakan Wanita di Indonesia

Ar-Razi adalah salah satu ilmuwan paling penting dalam sejarah. Ia seorang ilmuwan yang brilian dan serba bisa yang memberikan kontribusi luar biasa bagi dunia Kontribusinya dalam kedokteran, filsafat, dan bidang lainnya sangat besar dan karyanya telah berdampak mendalam pada perkembangan ilmu pengetahuan. Ar-Razi adalah seorang pemikir yang orisinal dan independen, dan dia tidak takut untuk menantang pemikiran yang diterima. Dia adalah model bagi para ilmuwan di seluruh dunia, dan karyanya terus dipelajari dan dihargai hingga saat ini.

Karya-karya Ar-Razi diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan memiliki pengaruh besar pada ilmuwan di seluruh dunia. Ia dihormati sebagai salah satu dokter paling terampil pada masanya dan karyanya tentang anatomi dan fisiologi membantu meletakkan dasar bagi ilmu kedokteran modern. Pemikiran filosofisnya juga memengaruhi para filsuf di Barat dan Timur. Karyanya terus dipelajari dan dihargai hingga saat ini, dan ia dianggap sebagai salah satu ilmuwan paling penting dalam sejarah.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Abbas Ibnu Firnas: Ilmuan Muslim Penemu Penerbangan

Rekomendasi untuk Anda

Sosok
Indonesia
Dunia Islam
Indonesia
Indonesia
Indonesia