Slovenia dan Ceko Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet

Ljubljana, MINA – Otoritas kesehatan Slovenia mengkonfirmasi kasus pertama infeksi cacar monyet (monkeypox) pada seorang pelancong yang telah kembali dari Kepulauan Canary di Spanyol.

Pria itu tidak dirawat di rumah sakit karena terinfeksi oleh versi ringan dari jenis penyakit virus Afrika Barat, ujar Mario Fafangel, Kepala Pusat Nasional untuk Penyakit Menular, dalam konferensi pers Selasa (24/5). Al Jazeera melaporkan.

Fafangel yakin rantai penularan virus itu di Slovenia akan dihentikan dengan cepat.

Ia menambahkan, orang yang telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi harus waspada selama 21 hari ke depan. Ia juga mengatakan, tidak perlu masyarakat luas untuk divaksinasi.

Republik Ceko juga mendaftarkan kasus pertama cacar monyet.

Pavel Dlouhy, Kepala Masyarakat Ceko untuk Penyakit Menular, mengatakan, Selasa (24/5), penyakit itu terdeteksi pada seorang pria di Rumah Sakit Universitas Militer Praha, tetapi menolak memberikan rincian.

“Itu hanya masalah waktu, kami telah mendeteksi ini selama berhari-hari,” kata Dlouhy.

Dalam beberapa hari terakhir, beberapa negara Eropa dan Amerika Utara, termasuk Inggris, Prancis dan Amerika Serikat telah melaporkan kasus virus langka yang endemik itu di beberapa bagian Afrika.

Otoritas medis mengatakan, risiko penyakit itu akan menyebar luas adalah rendah. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.