SMP BPI Ginus Bekasi Siapkan Diri Menjadi SMP IT

, 8 Ramadhan 1438/3 Juni 2017 (MINA) – (Global Inspirasi Nusantara) Bekasi, Jawa Barat, sedang menyiapkan diri menjadi SMP Islam Terpadu untuk tahun ajaran 2017-2018.

Ketua Yayasan Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI Foundation) Ahmad Nawawi mengatakan, program Islam Terpadu di lembaga pendidikan yang dikelolanya sebenarnya sudah mengacu pada SMP IT. Misalnya adanya program basa tulis Al-Quran, pelaksanaan shalat berjamaah, dan lainnya.

“Kami akan mencoba memulai menerapkan secara formal tahun depan, sesuai dengan kesiapan program, tenaga guru yang diperlukan dan didukung pembelajaran berbasis teknologi informasi,” ujarnya kepada MINA, Sabtu (3/6).

Di SMP yang awalnya bernama BPI (Bhakti Pemuda Indonesia) beralamat di Jalan Lapangan Bekasi Tengah 2 Kodya Bekasi, juga memberi nuansa dengan program spiritualpreneur bagi siswa-siswanya sejak dua tahun terakhir.

Melalui program ini, siswa-siswa ditumbuhkan potensi minat dan bakatnya, seperti menjahit, sablon, olahraga, dan seni dengan dilandasi nilai-nilai spiritual agama Islam.

Terutama sekali imbuhnya, siswa-siswa terpantau betul dan dipastikan shalat lima waktu sehari-semalam, baik ketika di sekolah maupun di rumah.

“Kami ingin berkiprah lebih jauh lagi, bagaimana anak-anak didik dapat menghebatkan diri untuk Indonesia yang lebih hebat,” lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya juga mengembangkan budaya literasi baca dan tulis bagi siswa dan guru di lembaganya. Di antaranya melalui pemanfataan perpustakaan, ruang belajar online, penerbitan buletin dan buku-buku bacaan.

SMP BPI Ginus Bekasi, yang pernah mendapatkan Penghargaan Mendikbud Anies Baswedan sebagai Sekolah dengan Integritas Ujian Nasional 2015 senilai 85,21 itu, memiliki visi sekaligus sebagai semboyannya adalah “Berbudaya Islami, Tafaqquh Fiddin, Kreatif dan Mandiri”.

Adapun misinya adalah Menciptakan suasana Islami dalam seluruh kegiatan belajar mengajar, menyelenggarakan proses pendidikan sesuai syariat dan standar nasional, membangkitkan semangat belajar kreatif dan menanamkan nilaii-nilai kemandirian.

Menghadapi tahun ajaran 2017-2018, saat ini SMP BPI Ginus sedang menyiapkan pendaftaran calon siswa baru, dengan menargetkan 100 anak dari kalangan keluarga kurang mampu, untuk diberikan beasiswa penuh sampai kelulusannya.

Kelulusan SMP tersebut direncanakan untuk disiapkan melanjutkan di SMK Tahfidz Pesantren Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI Boarding School) Parung, Bogor, Jabar. (RS2/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.