Spanyol Ambil 60 dari 141 Migran Aquarius

Madrid, MINA – Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan pihaknya akan mengambil 60 dari 141 di atas kapal penyelamat Aquarius sebagai bagian dari kesepakatan dengan negara-negara Eropa lainnya.

“Spanyol telah mengkoordinasikan kesepakatan perintis dengan enam negara untuk berbagi menerima migran dari  kapal Aquarius. Spanyol akan menerima 60 orang,” tulisnya di Twitter, Selasa (14/8).

Malta pada akhir Juni setuju untuk mengambil kapal penyelamat lain yang disebut Lifeline yang membawa 234 orang migran setelah kesepakatan serupa disetujui dengan negara-negara Uni Eropa untuk membawa para migran masuk. Demikian Worldbulletin melaporkan dikutip MINA.

Insiden itu terjadi hanya dua pekan setelah krisis yang melibatkan kapal Aquarius yang membawa 630 orang, ditolak oleh pemerintah Italia dan pemerintah Malta, lalu akhirnya ditawarkan oleh pemerintah sosialis baru Spanyol mendapatkan tempat berlindung yang aman.

Semula  Madrid enggan mengulangi tawaran itu di tengah kritik keras atas sikap ramahnya dari oposisi konservatif dan pemerintah sosialis regional di Andalusia kurang dari setahun dari pemilihan regional dan Uni Eropa.

Bagi para migran, wilayah Andalusia selatan adalah pintu gerbang utama ke Spanyol, dan wilayah itu telah berjuang untuk mengatasi masuknya pendatang migran.

Berbicara kepada AFP, Senin, sumber pemerintah Spanyol menyatakan Madrid tidak berniat untuk mengulangi tindakan itu dengan mengizinkan kapal Aquarius untuk berlabuh di pelabuhan timur Valencia, dan “bukan pelabuhan teraman” bagi kapal itu.

Sementara jumlah migran yang mencapai Eropa melalui laut dari 2015, telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir.

Negara itu telah menyusul Italia sebagai tujuan bagi para migran yang tiba lewat laut setelah tindakan keras oleh penguasa Libya membuat lebih sulit bagi para migran untuk mencapai pantai Italia.

Lebih dari 25.000 orang telah tiba melalui laut di Spanyol sejauh ini, hampir tiga kali lebih banyak dari periode yang sama tahun lalu, menurut angka Organisasi Internasional untuk Migrasi.

Sejak mengambil Aquarius pada Juni, Spanyol telah membuka pelabuhannya tiga kali lebih banyak untuk kapal-kapal LSM yang membawa migran yang diselamatkan dari Libya. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.