Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Spanyol Gelar Pertemuan Bahas Solusi Dua Negara Israel-Palestina

sri astuti Editor : Widi Kusnadi - 17 detik yang lalu

17 detik yang lalu

1 Views

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez. (Foto: Jakub Gavlak/EPA)

Madrid, MINA – Para menteri dari negara-negara Muslim dan Eropa bersama Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa pada Jumat (13/9) bertemu di Madrid, membahas cara memajukan solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

“Bersama-sama, kami ingin mengidentifikasi tindakan konkret yang akan memungkinkan kami untuk membuat kemajuan menuju tujuan ini,” Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menulis di sosial X. The New Arab melaporkan.

“Masyarakat internasional harus mengambil langkah tegas menuju perdamaian yang adil dan abadi di Timur Tengah,” tambahnya.

Sanchez menyambut para peserta di kediaman resminya sebelum dimulainya pertemuan di Kementerian Luar Negeri di pusat kota Madrid, yang diselenggarakan oleh diplomat utamanya Jose Manuel Albares.

Baca Juga: Junta Myanmar dan Pemberontak Bertempur, Warga Sipil Jadi Korban

“Pelaksanaan solusi dua negara adalah satu-satunya cara untuk memastikan perdamaian yang adil dan abadi di kawasan tersebut melalui koeksistensi yang damai dan aman antara negara Palestina dan negara Israel,” kata Albares dalam konferensi pers.

Hadir dalam pertemuan ini, Perdana Menteri Palestina Mohammad Mustafa dan Menteri Luar Negeri Mesir, Yordania, Qatar, Arab Saudi, dan Turki, semuanya anggota Kelompok Kontak Arab-Islam untuk Gaza, serta Kepala Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam.

Uni Eropa diwakili oleh kepala urusan luar negerinya Josep Borrell serta Menteri Luar Negeri Irlandia, Norwegia, dan Slovenia.

“Negara-negara Uni Eropa memiliki “posisi yang berbeda” tentang apakah akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara tetapi tidak diragukan lagi ada suara bulat tentang perlunya mendukung solusi berdasarkan pembangunan negara Palestina, karena negara Israel sudah ada,” kata Borrell dalam konferensi pers terpisah setelah pertemuan berakhir.

Baca Juga: Sejumlah Negara Eropa Larang Siswa Gunakan HP di Sekolah

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengecam Borrell karena ikut serta dalam pertemuan tersebut, menulis di jejaring sosial X bahwa “Borrell mendukung pembentukan negara teror Palestina yang dikendalikan oleh Iran, dan poros kejahatan terhadap Israel, negara-negara Arab moderat, dan Eropa.”

“Ini adalah warisan Borrell, anti-Semitisme dan kebencian terhadap Israel,” tambahnya.

Saat ditanya tentang komentar Katz, Borrell mengatakan “menuduh mereka yang tidak setuju dengan posisi pemerintah sebagai anti-Semitisme tidak masuk akal.”

“Sayangnya, ada contoh dalam sejarah tentang apa artinya menjadi anti-Semit, dan saya rasa kita tidak boleh mempermainkan kata-kata besar yang memiliki dimensi tragis dalam sejarah,” tambahnya.

Baca Juga: [BREAKING NEWS] Pria Amerika Bakar Diri Protes Genosida di Gaza

Seruan untuk solusi dua negara telah berkembang sejak pecahnya perang di Gaza.

Sanchez menjadi salah satu kritikus paling keras di Eropa atas serangan Israel di Gaza sejak dimulainya konflik.

Di bawah pengawasannya, Spanyol pada 28 Mei bersama dengan Irlandia dan Norwegia secara resmi mengakui negara Palestina yang terdiri dari Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Awal bulan ini, ia mengumumkan pertemuan puncak bilateral pertama antara Spanyol dan Palestina, yang akan diadakan sebelum akhir tahun. Ia berharap kedua negara dapat menanda tangani beberapa perjanjian kerja sama. []

Baca Juga: Jurnalis Jerman Serukan Perlindungan bagi Pekerja Media di Gaza

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Bangsawan Saudi Desak AS dan Inggris Setop Dukung Israel

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Palestina
Palestina
Eropa
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional