Stadium General UIN Lampung Bertema Literasi Pemuda untuk Indonesia Emas 2045

Bandar Lampung, MINA – Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UINRIL) menggelar Stadium General bertema “Peningkatan Literasi Pemuda Sebagai Upaya Mewujudkan ”.

Studium General yang digelar di Ballroom UIN Raden Intan Lampung, Selasa, (25/10) ini menghadirkan Narasumber yang merupakan Ketua Umum Perkumpulan Literasi Indonesia, juga sebagai Ketua Dewan Perpustakaan DKI Jakarta.

Rektor UIN Raden Intan Lampung diwakili Wakil Rektor III, Idrus Ruslan saat memberi sambutan dengan menyatakan, tahun 2045 pemerintah telah menargetkan Indonesia mampu bersaing dan menjadi salah satu pelopor kemajuan teknologi dunia.

“Dalam merealisasikan ekspektasi tersebut, ini tentu akan menyasar pada pemuda, Indonesia harus mempersiapkan sumber daya manusia berkwalitas, penguatan literasi agar siap menghadapi tantangan,” ujarnya.

Oleh karenanya, pihaknya menyambut baik Studium General tersebut sebagai upaya untuk merespon gagasan pemerintah untuk mempersiapkan generasi muda yang menentukan masa depan Indonesia.

“Jadi mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan, karena pemimpin hari ini pada saatnya akan berganti. Maka kami mendorong seluruh mahasiswa UIN khususnya Mahasiswa Fakultas Adab memiliki spirit dan rasa percaya diri agar cita-cita dapat terwujud. Semoga acara berjalan lancar sehingga melahirkan kader-kader bangsa yang berkualitas dan berintegritas untuk Indonesia emas 2045,” harapnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Adab diwakili Wakil Dekan I, Nadirsah Hawari mengatakan, di era literasi digital seperti saat ini, selain kita maksimalkan untuk perbaikan tetapi juga patut untuk berhati-hati dalam penggunaan teknologi informasi.

“Kemajuan ini bisa memberikan kita surga, juga bisa memberikan kita hawa panas neraka. Oleh karena itu, narasumber akan memberikan strategi bagaimana penggunaan teknologi ini tepat guna, khususnya untuk pemuda yang menjadi sponsor menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.

Hadir pada Stadium General tersebut berbagai tokoh penggerak literasi di Lampung, pendiri rumah baca, para dosen dan tendik, serta lebih dari 400 mahasiswa Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung.

Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung merupakan Fakultas termuda yang resmi beroperasi pada tahun 2019 dengan dua program studi, yaitu Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII), dan Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI). (L/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)