STAI Al-Fatah Selenggarakan Pelatihan Menulis untuk Dosen dan Mahasiswa

Pelatihan Menulis STAI Al-Fatah, foto (istimewa)

Cileungsi, Kab. Bogor, MINA – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat bekerja sama dengan Kantor Berita MINA menyelenggarakan menulis artikel, bertempat di kampus utama, Sabtu (10/12).

Kepala program studi Komunikasi Penyiaran Islam STAI, Deni Rahman,M.Kom. mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut kerja sama yang telah disepakati antara kedua belah pihak.

“Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan wawasan dosen dan mahasiswa dalam dunia jurnalistik,” kata Deni kepada MINA.

MINA menghadirkan pemateri Redaktur Senior Ali Farkhan Tsani. Ali Farkhan dikenal sebagai redaktur yang khusus menangani tulisan berupa tausiyah, khutbah dan artikel keagamaan lainnya.

Dalam paparannya, Ali Farkhan menyampaikan materi “Menulis dengan Jiwa” menguraikan pondasi dalam menulis yang diniatkan untuk ibadah, amal shaleh, dakwah dan sebagai sarana jihad di jalan Allah.

“Dengan niat tersebut, insyaAllah penulis akan mendapatkan manfaat pahala yang agung di sisi Allah Ta’ala. Manfaat tulisan juga abadi yang bisa dirasakan hingga penulisnya sudah tiada,” paparnya.

Dalam uraiannya, ia menyampaikan bagaimana menulis ide yang inspiratif, memulai kalimat pertama, teknik hingga menyambung antarparagraf dengan logis dan kronologis.

“Tidak ada yang instan langsung jadi, semua perlu proses, perlu terus membaca banyak referensi, pelatihan berkala dan mengirim tulisan ke media,” ujarnya.

Setiap yang ingin jadi penulis, harus menyediakan waktu secara rutin tiap hari untuk membaca dan menulis, “tidak menunggu kalau ada waktu luang, tapi harus menyediakan waktu”.

Pelatihan praktis menulis langsung dilanjutkan praktik menulis, dan dijadwalkan akan dilaksanakan secara berkala sepekan sekali sampai para peserta dapat menulis artikel-artikelnya dan dapat dimuat di media massa.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah Cileungsi, Bogor, yang aktif menggerakkan mahasiswanya untuk aktif menulis, baru-baru ini mendapatkan peringkat Akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan tersebut tertuang dalam SK Nomor: 14098/SK-BAN- PT/Ak-PKP/S/II/2022 itu berlaku hingga 15 Februari 2027. (L/P2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.