STAI Al-Fatah Terima Kunjungan Monitoring dan Evaluasi Kopertais ll Jabar

(Foto: Istimewa)

Bogor, MINA – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah menerima kunjungan visitasi monitoring dan evaluasi (Monev) dari Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah ll Jawa Barat, Senin (19/10).

Hadir dalam kunjungan tersebut, DR. Deden Sumpena, M.Ag sebagai Visitor dan Imron Abdullah, S.PD.I sebagai Pendamping.

Kunjungan tim Kopertais tersebut disambut baik oleh Ir. Wahyu Iwa Sumantri, M.P mewakili Ketua Yayasan Al-Fatah didampingi Ahmad Sholeh, S.Pd.I MA sebagai Ketua STAI Al-Fatah Bogor, Rukanda Sastra Gunawan, S.Sos.I M.Pd (Pembantu Ketua l Bidang Kurikulum), Imam Santoso, S.Sos.I M.I Kom (Pembantu Ketua ll Bidang Kemahasiswaan), Nuruddin, S.Pd.I (Pembantu Ketua lV Bidang Keuangan), Wahyudi KS, M.Pd.I dan Widi Kusnadi, S.S sebagai dosen.

Tugas dan kunjungan mereka di kampus STAI Al-Fatah yakni melakukan monitoring terhadap proses pelaksanaan akademik. Dalam kesempatan tersebut, tim melakukan evaluasi terhadap beberapa data-data proses akademik di kampus STAI Al-Fatah.

“Monitoring dan evaluasi ini merupakan suatu keharusan yang dilaksanakan oleh Kopertais, karena Kopertais ini kepanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI di mana dalam suatu aturan ditetapkan monitoring itu harus dilaksanakan minimal satu tahun sekali,” kata Deden kepada MINA.

Ia mengatakan, dalam proses monitoring itu terjadi suatu pertemuan dua lembaga. Yaitu lembaga Kopertais yang diwakili oleh visitor, dan lembaga kedua oleh unsur pimpinan yang ada di perguruan tinggi swasta. Diantaranya dari unsur yayasan dan pengurus dari STAI itu sendiri, serta para dosen termasuk mahasiswanya.

“Dalam proses pertemuan monitoring itu ada sharing informasi. Termasuk nanti Kopertais menerima beberapa informasi yang menyangkut tentang permasalahan-permasalahan yang ada di perguruan tinggi, termasuk ada juga nanti harapan-harapan yang disampaikan kepada kopertais,” tambahnya.

Deden menyampaikan, dari hasil pemeriksaan data-data, termasuk dari hasil survey lapangan, pihaknya menemukan beberapa hal yang perlu diperbaiki.

“Diantaranya perlu ada perbaikan-perbaikan dalam hal administrasi, penataan lingkungan yang lebih bagus, serta perbaikan sarana dan prasarana,” ujarnya.

Selain itu, Deden juga turut memberikan apresiasi atas kehadiran para Dosen dalam kegiatan Monev ini.

“Untuk hal kehadiran dari unsur itu sangat bagus, dari mulai yayasan, struktur yang ada di perguruan tinggi ini hadir semua. Itu kami apresiasi, seperti harapan kami supaya bisa bertemu dengan unsur-unsur yang ada di perguruan tinggi ini,” katanya.

Kunjungan tersebut adalah bagian dari agenda kerja Kopertais untuk memantau perkembangan pengelolaan lembaga pendidikan tinggi di STAI Al-Fatah.

Kopertais (Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta) merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian Agama Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberikan mandat dalam hal pembinaan dan pengawasan kepada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta. (L/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)