Startup Halal Joints London Luncurkan Aplikasi untuk iPhone dan Android

London, MINA – Peusahaan rintisan digital (startup) yang berbasis di London, Halal Joints, meluncurkan aplikasinya di iPhone dan Android yang akan memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan pelancong Muslim agar dengan mudah mencari di mana pusat kuliner halal di seluruh ibu kota Inggris itu.

Setelah melakukan presentasi melawan beberapa perusahaan startup terbaik di London dan memenangkan penghargaan UCL Innovation & Enterprise 2019, tim tersebut telah membangun apliklasi digital yang mengutamakan pencarian restoran Halal, demikian dilansir MINA dari Salaam Gateway, Senin (2/11).

Aplikasi yang dapat diunduh di gawai ini menjadi aplikasi digital pertama yang memungkinkan pengunjung menemukan tempat baru untuk makan tanpa menghabiskan waktu memverifikasi keaslian sertifikasi Halalnya.

Co-founder Halal Joints, Zahid mengatakan, tampilan restoran halal sering kali diabaikan dalam hal aplikasi dan situs web di industri kuliner dan perhotelan.

“Pencarian kata ‘Halal’ pun tenggelam di Google Reviews, TripAdvisor, dan Yelp, itulah sebabnya kami membangun aplikasi yang hanya didedikasikan untuk kebutuhan Halal. Kami percaya bahwa aplikasi seperti itu akan memberdayakan pengunjung halal untuk terlibat dengan pengalaman kuliner baru dan unik tanpa harus berkompromi dengan kepercayaan mereka,” ujarnya.

Selain itu, tim Halal Joints sedang mengerjakan platform aplikasi skala penuh untuk memungkinkan restoran mitranya memanfaatkan platform digital untuk mendorong pertumbuhan.

Mereka percaya bahwa dengan menawarkan produk digital bisnis dengan langganan bulanan yang terjangkau, mereka dapat memperoleh manfaat dari penghematan biaya dan peningkatan jangkauan yang dibawa oleh aplikasi tersebut.

“Setelah berbicara dengan ratusan pemilik restoran di seluruh London, mereka menemukan bahwa sentimen anti-Uber atau JustEat atau Deliveroo sangat kuat karena aplikasi ini mengenakan biaya hingga 36% per pesanan,” ujar Zahid.

Dengan menyediakan aplikasi yang lebih terjangkau, restoran akan dapat terus meningkatkan kapabilitas pengirimannya tanpa meningkatkan biaya di muka. Dengan berfokus pada ceruk pasar Halal, tim di balik aplikasi percaya bahwa mereka dapat lebih memahami dan melayani baik pemilik restoran maupun pengunjung menggunakan platform mereka.

Rilis aplikasi iPhone dan Android bulan ini menarik perhatian warganet di Instagram, saat seorang blogger makanan di Instagram mendukung kebutuhan akan aplikasi tersebut. Sarah Tabbara yang tinggal di London dan Dubai memposting “Saya telah menunggu aplikasi ini untuk waktu yang lama! Akhirnya ada aplikasi yang memberi tahu Anda tentang semua restoran / kafe Halal di London!”. Yang lain memposting “Terima kasih Halal Joints untuk menyederhanakan pengalaman”.

Tim Halal Joints telah berbicara tentang cara kerja model mereka. Zahid menegaskan, terlepas dari kebijakan diberlakukannya lockdown akibat pandemi COVID-19, pihaknya dapat menggunakan teknologi dan aplikasi mereka untuk membantu restoran lokal mencapai pertumbuhan 108% dari bulan ke bulan sejak membuka pintunya pada Februari lalu.

“Aplikasi kami memungkinkan pemilik untuk mengambil pendekatan lepas tangan dari membangun merek mereka, dan sebagai gantinya fokus pada operasi toko. Masih banyak perbaikan yang harus dilakukan pada aplikasi kami, tetapi hasil awalnya sangat menjanjikan. Kami baru saja mendaftarkan tujuh pelaku bisnis lainnya untuk percobaan tiga bulan,” pungkas Zahid.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)