Sudin SDA Jakpus Terus Optimalkan Antisipasi Banjir di Enam Lokasi Prioritas

Jakarta, MINA – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat terus mengoptimalkan upaya antisipatif untuk mencegah terjadinya banjir di enam lokasi prioritas.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Pusat, Glen Santista mengatakan, Senin (16/11), keenam lokasi prioritas titik rawan genangan dan banjir berada di Kelurahan Johar Baru, Kecamatan Johar Baru; Kelurahan Karet Tengsin, Kelurahan Petamburan dan Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang; Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir dan Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih.

Glen mengatakan,  upaya antisipasi banjir di Kelurahan Johar Baru dilakukan dengan menguras saluran penghubung di Jalan Kampung Rawa dan Jalan Tanah Tinggi XII, serta pembuatan turap di sepanjang Kali Sentiong, demikian keterangan yang diterima MINA.

“Untuk di Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir kami lakukan dengan pembuatan long storage yang dapat berfungsi sebagai resapan air dengan lebar mulai dari 1 meter hingga 2,5 meter sepanjang 75 meter,” ujarnya.

Glen menambahkan, antisipasi penanganan banjir di kawasan Kecamatan Tanah Abang sudah dilakukan meliputi, perbaikan saluran khususnya untuk sodetan di Karet Tengsin, penambahan pompa portabel di Jalan Margono, serta pengerukan Banjir Kanal Barat.

Sudin SDA Jakarta Pusat, sambung Glen Santista, juga melakukan pengerukan saluran di sepanjang Jalan Utan Kayu hingga Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih dengan target sepanjang 2,5 kilometer.

“Saat ini sudah rampung sekitar 1,8 kilometer, kami optimis Desember mendatang target bisa tercapai dan potensi terjadinya genangan maupun banjir bisa diminimalisir,” ucapnya. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)