Sukamta: Fokus Selesaikan Ricuh Papua

Jakarta, MINA – Anggota Komisi I DPR RI mengatakan bahwa harus fokus menyelesaikan permasalahan yang menimbulkan kericuhan di sejumlah wilayah dalam beberapa hari terakhir.

“Saya kira yang diperlukan saat ini keseriusan pemerintah dalam mengatasi akar persoalan yang ada di Papua agar tidak berlarut-larut kembali,” kata Sukamta kepada MINA di Jakarta, Sabtu (24/8).

Terkait pernyataan Gubernur Papua Lukas Enembe yang hendak melibatkan pihak internasional, Sukamta menegaskan, semestinya pemerintah daerah ikut mendorong penyelesaian masalah secara nasional.

“Sebagai Gubernur mestinya harus percaya kemampuan pemerintah. Sampaikan akar persoalan sesungguhnya di Papua serta usulan penyelesaian masalahnya. Saya kira yang seperti ini akan lebih konstruktif,” ujarnya.

Sukamta merasa janggal jika otonomi khusus yang sudah berlangsung sejak 2001 dan anggaran ratusan triliun rupiah yang kata pemerintah telah disalurkan untuk pembangunan Papua dianggap gubernur tidak ada perubahan.

“Jika pernyataan gubernur ini benar, berarti ada yang salah dalam kebijakan Pemerintah selama ini. Saya kira perlu ada evaluasi secara utuh terhadap kebijakan dan program yang sudah berjalan. Mengapa hak istimewa yang sudah dimiliki Papua tidak mampu mengatasi masalah,” katanya.

Namun demimikian, Sukamta berharap pemerintah saat ini fokus dulu untuk menyelesaikan urusan demo-demo yang terjadi. Pemerintah tidak perlu berspekulasi yang akan memperlebar permasalahan dan mengurangi kerja simbolis berupa kunjungan pejabat.

“Harus fokus dulu untuk selesaikan persoalan yang ada di depan mata terkait aksi-aksi yang terjadi. Adanya spekulasi keterlibatan KKSB dalam kericuhan ini, jangan sampai mengganggu fokus mengembalikan situasi yang kondusif,” katanya. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.