Sumber Media Laporkan Pasukan Saleh Kuasai Istana Kepresidenan Yaman

Pasukan Keamanan Pusat Yaman yang setia kepada . (Foto: dok. Scott Nelson)

 

London, MINA – Media saluran berita di Inggris, Sky News, melaporkan, pasukan loyalis mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh telah menguasai Istana Kepresidenan di ibu kota Sanaa.

Sejak hari Rabu hingga Sabtu (2/12), pasukan Saleh bentrok dengan pasukan milisi yang membuat aliansi kedua kelompok rusak.

Sumber Sky News yang tidak disebutkan identitasnya mengungkapkan, pasukan Saleh mengambil alih Istana Kepresidenan, Kementerian Pertahanan, Bank Sentral, Kementerian Keuangan dan Biro Keamanan Nasional di kota tua Sanaa.

Selain gedung televisi negara Yaman, pasukan tersebut pada Sabtu mengepung bandara Sanaa. Demikian Qatari Leaks memberitakannya yang dikutip MINA.

Sementara sumber militer setempat mengatakan kepada media Rusia, Sputnik, pemberontak Houthi telah menarik diri dari sebagian besar ibu kota.

“Sekarang Penguasa Republik, pasukan tugas khusus, dan pasukan Organisasi Keamanan Pusat yang setia kepada Saleh ditempatkan,” kata sumber yang berbicara dalam status anonim.

Perseteruan kedua sekutu itu bermula ketika mereka terlibat bentrokan di sebuah masjid di Sanaa sehubungan perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang kemudian menyebar ke bagian lain kota.

Menurut Kongres Rakyat Umum (GPC) partainya Saleh, pihak Houthi berusaha melakukan kudeta.

Penduduk lokal dilaporkan mengklaim ada semacam “perang jalanan” terjadi dan ada ledakan keras terdengar pada Sabtu malam. (T/RI-1`/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.