SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Survei Terbaru, Hanya 16 Persen Warga Inggris Dukung Israel

Nur Hadis - Kamis, 6 Juni 2024 - 21:56 WIB

Kamis, 6 Juni 2024 - 21:56 WIB

2 Views

London, MINA – Menurut survei YouGov baru-baru ini, hanya 16 persen warga Inggris yang menyatakan solidaritasnya dengan Israel, demikian dikutip dari MEMO, Kamis, (6/6).

“Ketika perang Israel memasuki bulan kedelapan, opini publik di Inggris perlahan-lahan beralih ke Palestina. Survei bersejarah menunjukkan bahwa dukungan rakyat terhadap Israel mencapai titik tertinggi tak lama setelah serangan 7 Oktober, yaitu sebesar 21 persen. Namun, angka ini telah menurun, dengan tingkat dukungan keseluruhan terhadap negara Zionis anjlok menjadi hanya 16 persen,” demikian menurut YouGov.

Sementara menurut survei Unherd, mayoritas anak muda di Inggris tidak percaya bahwa Israel harus ada, yang kemudian memberikan bukti lebih lanjut bahwa dukungan terhadap negara apartheid Israel tersebut telah mencapai rekor terendah.

Dalam surveinya, UnHerd mensurvei 1.012 pemilih tentang kebijakan luar negeri. Salah satu temuan yang paling mengejutkan adalah mayoritas generasi muda Inggris tidak percaya bahwa Israel seharusnya ada. Sebanyak 54 persen responden berusia 18-24 tahun berpendapat demikian, sementara hanya 21 persen yang tidak setuju.

Baca Juga: Jerman Kecam Ben-Gvir yang Serukan Tembak Kepala Tahanan Palestina

Sentimen ini tercermin lebih lanjut dalam pertanyaan lain dari jajak pendapat tersebut, yang menanyakan siapa yang lebih harus disalahkan atas serangan militer Israel terhadap 2,2 juta warga Palestina di Gaza. Setengah dari responden menyalahkan pemerintah Israel, sementara hanya seperempat yang menganggap Hamas bertanggung jawab. Hanya 19 persen yang menanggapi dengan pandangan bahwa semua pihak sama-sama harus disalahkan.

Perubahan luar biasa dalam opini publik ini ditepis oleh UnHerd, sebuah media sayap kanan dengan menganggapnya sebagai salah satu tanda pengaruh TikTok. Alih-alih mengakui perlawanan yang tulus terhadap serangan militer Israel di Gaza dan keterlibatan mereka dalam apa yang oleh banyak orang dianggap sebagai genosida, pemerintah negara-negara Barat dan media arus utama di kedua sisi Atlantik telah menjadikan raksasa media sosial ini sebagai kambing hitam, dan menggambarkan perubahan tersebut sebagai konspirasi Tiongkok.

Media sosial seperti TikTok juga populer di kalangan tentara Israel karena menampilkan rekaman diri mereka yang menganiaya warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki, dan bahkan melakukan kejahatan perang. Video-video ini telah menjadi fitur kampanye militer Israel, mengungkap radikalisasi pasukan pendudukan dan dehumanisasi Israel terhadap warga Palestina.

UnHerd mengakui bahwa paparan luas mengenai kejahatan Israel di platform media sosial telah memainkan peran penting dalam membentuk opini generasi muda Inggris. Grafik “semua mata tertuju pada Rafah (All Eyes on Rafah” yang dibuat oleh AI dikatakan telah dibagikan lebih dari 44 juta kali di Instagram, dan konten pro-Palestina telah menjamur di TikTok.

Baca Juga: Militan Irak Janji Targetkan AS Jika Israel Serang Lebanon

TikTok membantah klaim bahwa platform media sosial Tiongkok tersebut sengaja mempromosikan konten anti-Israel, dengan alasan sikap mayoritas penggunanya adalah anak muda.

Jajak pendapat UnHerd juga menemukan bahwa warga Inggris berusia 18-24 tahun jauh lebih tertarik pada perang di Gaza dibandingkan konflik global lainnya, seperti perang Rusia-Ukraina atau ketegangan antara AS dan Tiongkok. Di antara kelompok usia ini, 38 persen “sangat tertarik” pada Gaza, dan 28 persen “agak tertarik”, dibandingkan dengan 19 persen dan 44 persen yang “sangat” atau “agak tertarik” pada perang di Ukraina.

Survei UnHerd juga menggarisbawahi perubahan signifikan dalam opini publik Inggris, khususnya di kalangan generasi muda, mengenai konflik Israel-Palestina dan keberadaan negara Israel. Ketika perang terus berlanjut dan komunitas internasional mencari penyelesaian, perubahan sikap ini kemungkinan besar akan memainkan peran yang semakin penting dalam membentuk kebijakan luar negeri dan upaya diplomasi Inggris di kawasan.[]

 

Baca Juga: Senator Australia Fatima Diasingkan Usai Dukung Palestina

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda