Sya’ban Bulan Pembaca Al-Quran

Oleh : *

Sebagian ulama menyebut, bulan Syaโ€™ban sebagai bulan para pembaca Al-Quran (Syahrul Qura). Sedangkan bulan Ramadhan disebut bulan Al-Quran (Syahrul Quran).

Ini seperti dikatakan Salama bin Suhail, yang mengatakan, โ€œBulan Sya’ban adalah โ€.

Amr bin Qais al-Mulla’i ketika memasuki bulan Syaโ€™ban, ia menutup tokonya, untuk mengabdikan dirinya memperbanyak membaca Al-Quran. (Sumber : islamway).

Mereka pun biasa mengkhatamkan Al-Quran lebih dari satu kali di bulan Sya’ban. ย Membaca Al-Quran di bulan Syaโ€™ban, di mana orang mengabaikan keutamaannya, adalah salah satu amalan yang utama, prinsip mereka.

Maka, bulan Sya’ban adalah bulan memperbanyak membaca Al-Quran yang Mulia. Tidak lebih baik daripada membacanya di luar bulan Sya’ban, kecuali tentu bulan Ramadhan, di mana Al-Quran diturunkan.

Maka termasuk persiapan menyambut Ramadhan secara lahir, batin, jasmani, akal dan hati. Termasuk yang pokok yakni dengan banyak membaca Al-Quran, menghafalnya dan merenungkan maknanya dan kandungannya.

Membaca Al-Quran pada bulan Syaโ€™ban akan menjadi saksi utama amalan, baik pada siang maupun malamnya.

Tentang berlomba-lomba dalam membaca Al-Quran ini, disebutkan di dalam hadits, dari โ€˜Abdullah bin Masโ€™ud Radhiyallahu โ€˜Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda :

ู„ุงูŽ ุญูŽุณูŽุฏูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ููู‰ ุงุซู’ู†ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุขุชูŽุงู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุงู„ุงู‹ ููŽุณูู„ู‘ูุทูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู‡ูŽู„ูŽูƒูŽุชูู‡ู ููู‰ ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ุŒ ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ูŒ ุขุชูŽุงู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุญููƒู’ู…ูŽุฉูŽ ุŒ ููŽู‡ู’ูˆูŽ ูŠูŽู‚ู’ุถูู‰ ุจูู‡ูŽุง ูˆูŽูŠูุนูŽู„ู‘ูู…ูู‡ูŽุง

Artinya : โ€œTidak boleh hasad (iri) kecuali pada dua orang, yaitu orang yang Allah anugerahkan padanya harta, lalu ia infakkan pada jalan kebaikan, dan orang yang Allah beri karunia ilmu (Al-Quran), lalu ia menunaikannya dan mengajarkannya.โ€ (HR Bukhari dan Muslim).

Begitulah, juga mengingat keutamaan membaca Al-Quran, sebagaimana firman Allah :

ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุชู’ู„ููˆู†ูŽ ูƒูุชูŽุงุจูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุฃูŽู‚ูŽุงู…ููˆุง ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ููŽู‚ููˆุง ู…ูู…ูŽู‘ุง ุฑูŽุฒูŽู‚ู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ุณูุฑู‹ู‘ุง ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู†ููŠูŽุฉู‹ ูŠูŽุฑู’ุฌููˆู†ูŽ ุชูุฌูŽุงุฑูŽุฉู‹ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽุจููˆุฑูŽ ย (29) ู„ููŠููˆูŽููู‘ูŠูŽู‡ูู…ู’ ุฃูุฌููˆุฑูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุฒููŠุฏูŽู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ููŽุถู’ู„ูู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ุบูŽูููˆุฑูŒ ุดูŽูƒููˆุฑูŒ (30(

Artinya : โ€œSesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugiโ€. โ€œAgar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.โ€ (QS Fathir [45]: 29-30).

Di dalam hadits ditambahkan :

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ูŽ ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ยซ ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุญูŽุฑู’ูู‹ุง ู…ูู†ู’ ูƒูุชูŽุงุจู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽู„ูŽู‡ู ุจูู‡ู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŒ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ุจูุนูŽุดู’ุฑู ุฃูŽู…ู’ุซูŽุงู„ูู‡ูŽุง ู„ุงูŽ ุฃูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู… ุญุฑู’ููŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ุฃูŽู„ูููŒ ุญูŽุฑู’ููŒ ูˆูŽู„ุงูŽู…ูŒ ุญูŽุฑู’ููŒ ูˆูŽู…ููŠู…ูŒ ุญูŽุฑู’ููŒ ยป.

Artinya : โ€œAbdullah bin Masโ€™ud Radhiyallahu โ€˜Anhu berkata: โ€œRasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda: โ€œSiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan ุงู„ู… satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.โ€ (HR At-Tirmidzi).

Untuk itu, marilah kita maksimalkan bulan Sya’ban ini sebagai Bulan Pembaca Al-Quran. Insya-Allah. (A/RS2/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

*Penulis, Ust. Ali Farkhan Tsani,S.Pd.I., Wartawan & Redaktur Senior MINA, Daโ€™i Pondok Pesantren, Penulis Buku. Dapat dihubungi melalui Nomor WA : 0858-1712-3848, atau email [email protected].

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.