Tahun Baru Hijriyah Momentum Bebas Riba

Bandar Lampung, MINA – Tahun baru hijriyah jadikan momentum untuk terbebas dari riba. Demikian dikatakan Wakil Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) wilayah Lampung, Ngatio Heryanto dalam acara Tabligh Akbar Muharram 1440 H yang dilaksanakan di Masjid An-Nubuwwah Muhajirun Negararatu Natar Lampung Selatan.

Ia mengatakan, hal ini dikarenakan riba merupakan kegiatan yang dilarang oleh Allah sebagaimana Allah jelaskan dalam firman-Nya.

“Banyak Al-Qur’an yang menjelaskan tentang riba, tentang hukum riba dan bagaimana ganjaran orang yang memakan riba, salah satunya surah Al-baqrah ayat 275 – 280,” katanya.

Ngatio mengingatkan, 95 persen sistem ekonomi di Indonesia menggunakan sistem kapitalis dan ribawi meski telah mengetahui hukumnya.

Menurutnya, salah satu penyebabnya adalah kurangnya rasa syukur. “Penyebabnya adalah orang tersebut merasa kurang dengan harta yang sudah dimiliki sehingga mencari keuntungan lebih dari usahanya dengan cara yang Allah larang yaitu riba,” katanya.

Tabligh Akbar dengan tema “Hijrah sebagai Momentum Tadzkiroh Mewujudkan Ukhuwah Islamiyah yang Rahmatan Lil A’lamin” ini diselenggarakan oleh Jama’ah Muslimin (Hizbullah).

Dalam acara tersebut turut hadir pada Acara tersebut Imaam jama’ah Muslimin (Hizbullah) Drs. KH. Yakhsyallah masur, MA, Pembina LBIPI Pusat KH. Abul Hidayat Saerodjie, Wakil Ketua Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Dr. H. Ridwan Hawari, MM. (L/mhh/P2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ismi Wardatun

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.