Taiwan Bantu 300.000 Buah Masker Medis

Jakarta, MINA – Bantuan pemerintah dan masyarakat berupa 300.000 buah masker medis kepada telah tiba di Jakarta, Kamis (14/5).

Kepala Taipe Economic Trade Office () di Indonesia John Chen menyerahkan secara langsung masker medis yang baru tiba di bandara Soekarno Hatta Jakarta itu, kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang mewakili Pemerintah Indonesia.

“Taiwan kembali menunjukkan tekad ‘Taiwan dapat membantu’ (Taiwan can help) dan ‘Taiwan terus membantu’ (Taiwan is helping) dalam bantuan medis internasional dengan tindakan nyata, yang menjadikan persahabatan antara Taiwan dan Indonesia semakin terwujud pada saat terjadinya musibah,” kata Kepala TETO John Chen dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Jumat (15/5).

Chen mengatakan, pencapaian pencegahan pandemi Taiwan telah diakui secara internasional. Taiwan berharap dapat berbagi pengalamannya dalam pencegahan pandemi dan pengembangan medis dengan negara-negara lainnya.

Ia berharap Taiwan dapat diundang untuk menghadiri WHA (World Health Assembly) yang diadakan pada bulan ini, dan sepenuhnya diikutsertakan dalam mekanisme WHO yang terkait.

“Sumbangan masker Taiwan untuk Indonesia akan memperkuat persahabatan antara kedua negara dan sekali lagi membuktikan semangat kemanusiaan yakni ‘Pencegahan Pandemi Tidak Mengenal Batas Negara’,” ujarnya.

Chen juga berharap agar Taiwan dan Indonesia dapat bekerja sama untuk mengatasi penyakit ini lebih awal, sehingga semua orang dapat kembali hidup normal sesegera mungkin dan merevitalisasi pembangunan ekonomi.

Sementara, Pemerintah Indonesia telah membentuk gugus tugas untuk memerangi Covid-19. Tidak hanya secara aktif berjuang melawan pandemi di Indonesia, tetapi juga sepenuhnya bekerja sama dengan masyarakat internasional termasuk pemerintah seluruh negara untuk mengatasi Covid-19 ini. Hanya dengan bersatunya semua lapisan masyarakat, pandemi ini dapat segera diatasi.

Acara penyerahan masker medis yang disumbangkan ke Indonesia ini, sebelumnya telah diadakan di Kementerian Luar Negeri di Taiwan pada Selasa, 12 Mei. Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan, Hsu Szu-chien mewakili pemerintah dan masyarakat Taiwan menyumbangkan masker tersebut kepada Indonesia yang diwakili oleh Teddy Surachmat, Wakil Kepala Indonesian Economic and Trade to Taipe. (R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)