Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tembus Aleppo, BAZNAS Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Suriah

sajadi - Ahad, 2 April 2023 - 08:38 WIB

Ahad, 2 April 2023 - 08:38 WIB

0 Views

Aleppo, MINA – Meski krisis akibat konflik bersenjata dengan Israel kerap terjadi, Tim Kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berhasil menembus Aleppo, Suriah untuk menyalurkan sejumlah bantuan kepada para korban gempa.

“Alhamdulillah, setelah melalui perjalanan darat selama lima jam dan melewati banyak pemeriksaan atau check point, Jumat (31/3) kami sampai di Aleppo, dan Sabtu pagi, tim langsung membagikan bantuan bersama Bulan Sabit Merah Suriah kepada para korban gempa,” ujar Koordinator Tim Kemanusiaan BAZNAS, Dr. Imdadun Rahmat, di Aleppo, Suriah, Sabtu (1/4).

Seperti diberitakan media, baberapa waktu lalu, Bandara Aleppo ditembaki roket Israel. Kemudian, sejumlah titik di pinggir Kota Damaskus juga terjadi ledakan yang menyebabkan beberapa orang tewas.

Meski demikian, sebagian besar wilayah Suriah dalam kondisi aman. Sehingga perjalanan Tim Kemanusiaan BAZNAS ke Aleppo tidak mengalami kendala.

Baca Juga: Berkunjung ke UEA, Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed

Dalam perjalanan ke kota industri itu, turut serta Kanselerai KBRI Damaskus, Eko, serta Tim Kemanusiaan BAZNAS, Fitriansyah Agus Setiawan, Taufiq Hidayat, Yudhiarma MK, serta para relawan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Suriah.

“Alhamdulillah, warga penyintas gempa antusias dan menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS. Karena dengan bantuan permakanan, mereka bisa lebih lancar menjalankan ibadah Ramadhan untuk kebutuhan sahur dan berbuka puasa,” ucap Imdad.

Dia menjelaskan, ada 2000 logistik bantuan yang didistribusikan di dua kota, Aleppo dan Latakia, masing-masing mendapat kuota 1000 paket.

“Bantuan antara lain terdiri atas bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari yang dibeli dari PT Sedi Hisyam, salah satu pabrik permakanan terbesar di Suriah,” kata Imdad.

Baca Juga: MUI Nonaktifkan Dua Pengurus Diduga Terlibat Organisasi Terafiliasi Israel

Dia menuturkan, Tim Kemanusiaan BAZNAS, Duta Besar RI untuk Suriah, Wajid Fauzi dan rombongan mendapatkan kesempatan berkunjung ke pabrik untuk ikut melakukan pengepakan, pengangkutan ke truk, hingga menyaksikan proses pengiriman ke Aleppo dan Latakia dengan truk kontainer.

“Setelah sampai di beberapa titik lokasi yang kami kunjungi di Aleppo, masih terlihat reruntuhan bangunan dan puing-puing akibat gempa yang menelan ribuan korban jiwa,” kata Imdad yang juga Deputi II BAZNAS ini.

Dia memaparkan, pembagian paket logistik, dibantu tim Bulan Sabit Merah yang menerapkan skema antrean dan sistem kupon di lokasi pengungsian yang memanfaatkan sejumlah madrasah dan bangunan berkapasitas besar lainnya.

“Kita menyalurkan bersama dengan mereka yang sudah punya standar operasional (SOP) dengan layanan proaktif. Yakni mendatangi para korban gempa untuk melakukan pendataan, sebelum paket tiba di lokasi. Saat bantuan datang, kita bersama mereka membagikan dengan tertib dan teratur,” ucap Imdad setelah bertemu dan berkoordinasi dengan pengurus Bulan Sabit Merah cabang Aleppo, di Aleppo, Suriah, Jumat (31/3).

Baca Juga: Presiden Shalat di Masjid Joko Widodo di Abu Dhabi

Menurut informasi Bulan Sabit Merah Suriah, di Aleppo terdapat 3000 korban jiwa dari total 5000 yang meninggal dunia di seluruh Suriah.

“Setelah penyaluran bantuan di Aleppo, Tim Kemanusiaan BAZNAS bergerak ke Latakia untuk mendistribusikan donasi yang sama dengan menempuh sekitar tiga jam perjalanan darat,” ucap Imdad. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Fase Pemulangan, 182 Ribu Lebih Jamaah Tiba di Tanah Air

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Palestina
Palestina
Indonesia
Khutbah Jumat
Internasional
MINA Sport