TERUNGKAP REKAMAN JIHAD JOHN BICARAKAN AGEN INGGRIS

Badan intelijen Inggris MI5. (Gambar: Wikispaces.com)
Badan intelijen Inggris MI5. (Gambar: Wikispaces.com)

London, 12 Jumadil Awwal 1436/3 Maret 2015 (MINA) – Sebuah rekaman audio yang dipublikasikan BBC, Selasa (3/3), memperdengarkan seorang pria yang diidentifikasi sebagai “Jihad John”, mengeluh tentang pengawasan badan intelijen Inggris terhadapnya.

Rekaman berisi seorang pria yang diidentifikasi sebagai Mohammed Emwazi menjelaskan kepada kelompok advokasi Muslim CAGE tentang pertemuannya dengan agen Inggris pada 2009.

Rekaman disiarkan oleh BBC Radio dan dibahas di udara oleh Direktur Riset CAGE, Asim Qureshi, Arab News melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pada rekaman itu, Emwazi menggambarkan bagaimana seorang agen Inggris bernama Nick, konon mengancam dan menuduhnya “mencoba melakukan perjalanan ke Somalia untuk bergabung dengan teroris di sana”.

Komentar Emwazi tersebut sangat mirip dengan keluhan yang dibuatnya dalam e-mail kepada CAGE yang dirilis sebelumnya.

Para pejabat keamanan Inggris belum mengomentari rekaman Emwazi itu, yang pekan lalu telah diklaim sebagai tokoh bertopeng Islamic State atau ISIS yang menjadi algojo eksekusi sandera di sejumlah video pemenggalan.

Namun sebelumnya, badan intelijen MI5 dan polisi dianggap melakukan “blunder” karena gagal mencegah Emwazi, padahal mereka setidaknya pernah bertemu selusin kali dengan pria pakar programer komputer tersebut, The Telegraph melaporkan.(T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0