DR. WINAI DAHLAN : THAILAND INGIN JADI PUSAT PRODUK HALAL SE DUNIA

Jakarta, 28 Shafar 1437/10 Desember 2015 (MINA) – Thailand akan kembali akan menjadi tuan rumah “Thailand Halal Assembly 2015” tingkat dunia selama tiga hari, 25-27 Desember mendatang di Queen Sirikit Convention Center, Bangkok, untuk mejadikan negara itu sebagai produsen utama produk halal sedunia.

“Thailand Halal Assembly 2015” itu digelar atas kerjasama Pusat Sains Halal Universitas Chulalongkorn, Majelis Islam Thailand Tengah dan Institut Standar Halal Thailand. Demikian Dr. Winai Dahlan, Direktur Pusat Sains Halal di Chulalongkorn University, Kamis, dalam konperensi pers di Universitas Yarsi.

Cucu pendiri Muhammadiyah, KH Achmad Dahlan itu, menjelaskan, majlis dirancang untuk membantu meningkatkan standar produk dan jasa halal yang  dibuat di Thailand untuk memenuhi pasar Islam yang berkembang pesat, baik di Asia dan di seluruh dunia.

Dr. Winai Dahlan mengatakan, Thailand Halal Assembly pertama kali sukses digelar pada Desember 2014 lalu. “Ini menunjukkan  potensi Thailand menjadi pusat halal dunia,” tambahnya.

“Acara ini disusun untuk menunjukkan budaya inovasi halal dan semua yang terkait dalam rangka untuk mempromosikan ekonomi halal serta potensi Thailand untuk menjadi pusat global halal di masa depan,” kata Winai saat Konferensi Pers Kongres Akademik dan Penelitian Dunia 2015 di Universitas YARSI, Jakarta, Kamis (10/12).

Cucu pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan yang menjadi pelopor pusat sains halal di Thailand itu menjelaskan, Thailand Halal Assembly  2015 akan menampilkan pameran digital ilmu Halal, kerjasama mitra bisnis Halal, konferensi perusahaan internasional untuk Halal, Halal Science, Industri & Bisnis di Thailand 8 (Hasib 8).

Serta diskusi tentang berbagai topik, dan lebih dari 200 stand untuk menampilkan produk dan layanan halal Thailand dan internasional.

“Acara ini menjadi ajang perkenalan dengan lebih dari 120.000 produk dan jasa halal buatan Thailand, yang sekarang akan dikenal sebagai ‘Thailand Diamond halal’,” tambah Winai.

“Thailand Diamond Halal”, sebuah konsep merek di mana semua produk dan jasa halal yang bersumber di Thailand akan dipasarkan dan diekspor. Satu pertemuan dalam konferensi itu akan dikhususkan khusus untuk Pariwisata Halal dan Perhotelan serta Pariwisata Medis Halal.

Pusat Sains Halal Universitas Chulalongkorn telah bekerja sama dengan Majelis Islam Thailand menjadi satu-satunya lembaga sertifikasi halal resmi di Thailand dan Institut Standar Halal di Thailand untuk mendukung sertifikasi halal dengan kualitas terbaik.

Lebih dari 120.000 produk Thailand telah bersertifikat halal tidak hanya untuk melayani lebih dari enam juta Muslim di Thailand tetapi selain untuk Muslim juga mengenai kesadaran kesehatan bagi non-Muslim di seluruh dunia.(L/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0