Theme Song PON XX Papua 2021 “Torang Bisa” Diluncurkan

(Foto: Kemenpora)

Jakarta, MINA – Lagu () Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dengan judul “” secara resmi telah diluncurkan.

Lagu “Torang Bisa” ini memiliki makna mendalam sekaligus sebagai penyemarak dalam pelaksanaan pesta olahraga nasional yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober mendatang. Demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin (13/9).

“Torang Bisa ini menyangkut Papua yang menjadi ruan rumah. Antusiasme masyarakat menyambut kontingen dari seluruh provinsi lain. Torang Bisa ini juga mengimplementasikan bagaimana Papua siap melakanakan PON,” kata Ketua Bidang II PB PON XX Papua, Roy Letrora dalam peluncuran lagu di Jakarta.

Lagu diciptakan oleh Etho Rerimassa melalui sayembara dan dinyanyikan Vien Mangku dan Qibah Mansawan.

Roy menceritakan proses penciptaan lagu ini melalui tahapan yang panjang, mulai dari sayembara dan diikuti banyak kontestan. Hingga akhirnya ada 15 kontestan yang masuk dalam tahap penilaian.

“Ada sayembara hingga akhirnya ditetapkan pemenang setelah dilakukan penjurian. Kemudian setelahnya ada beberapa lirik dirubah tapi prinsipnya fair. Prosesnya lumayan panjang,” ujarnya.

Roy juga menerangkan, lagu “Torang Bisa” menekankan aspek kebersamaan di tengah keberagaman.

“Ini lagu menekankan aspek kebersamaan dan Papua bisa merangkul seluruh saudara kita dari luar, karena kita membawa citra bangsa dalam olahraga,” ujar Roy.

Sementara itu, pencipta lagu “Torang Bisa”, Etho Ririmasse juga menyampaikan hal yang sama. Dia memaparkan, lagu tersebut berbicara tentang kesiapan Papua dalam pelaksanaan PON XX.

“Itu betul-betul kita dari Papua siap menjadi tuan rumah yang baik, menjadi partner kerja, mendukung dan menjaga sportivitas,” kata Etho. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)