Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tidak Ada Muslim Rohingya Duduki Posisi Strategis di Myanmar

Rendi Setiawan - Selasa, 12 September 2017 - 12:09 WIB

Selasa, 12 September 2017 - 12:09 WIB

239 Views ㅤ

Muslim Rohingya yang tengah berjalan menyelamatkan diri ke Bangladesh dari kekejaman pemerintah Myanmar. (Foto: Arab News)

Muslim Rohingya yang tengah berjalan menyelamatkan diri ke Bangladesh dari kekejaman pemerintah Myanmar. Foto: Arab News

Jakarta, MINA – Anggota Persatuan Parlemen ASEAN untuk Hak Asasi Manusia (APHRASEAN Parliamentarians fo Human Rights) Eva Kusuma Sundari mengatakan, tidak ada satu pun etnis minoritas muslim Rohingya yang menduduki posisi strategis di Myanmar.

“Di Myanmar, saudara-saudara muslim tidak boleh menduduki posisi strategis. Tidak ada Rohingya yang jadi anggota parlemen. Tidak ada Rohingya yang menduduki posisi strategis baik di militer maupun di kepolisian dan seterusnya,” ujar Eva dalam sebuah forum diskusi yang digelar Sekretariat Wartawan Parlemen di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/9).

Eva mengatakan, memang peraturan itu tidak tertulis, tetapi efektif diimplementasikan. Keberhasilan itu, kata Eva, tidak ada muslim maupun etnis minoritas lainnya yang menduduki posisi strategis.

“Saya punya dua teman dari Myanmar. Mereka muslim. Belakangan saya tau mereka tidak bisa ikut pemilihan karena mereka muslim dan dari etnis minoritas,” katanya.

Baca Juga: Update Gempa Garut, Ribuan Rumah, Puluhan Tempat Ibadah Rusak

Dia bahkan menduga ada semacam strategi bumi hangus karena yang dilakukan militer Myanmar berlebihan seperti perumpamaan mengambil tikus dengan membakar rumah.

“Apa yang terjadi di Myanmar adalah sebuah bencana kemanusiaan dalam skala besar. Jumlah korban atas tragedi yang besar ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus ada langkah kongkrit meredakan krisis tersebut. Kita tidak boleh hanya duduk dan menyaksikan tragedi ini terjadi di belakang rumah kita,” tandasnya. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BRIN bersama MAB-UNESCO Indonesia Finalisasi Tinjauan Berkala Tujuh Cagar Biosfer

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health