Tiga Atlet Bulutangkis Andalan Jepang Putuskan Gantung Raket

Jakarta, MINA – Tiga atlet bulu tangkis ganda putera andalan Jepang, Hiroyuki Endo, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dikabarkan gantung raket dari tim Nasional Jepang, Jumat (10/9).

Endo yang kini berusia 34 tahun saat ini berpasangan dengan Yuta Watanabe adalah ganda nomor lima dunia yang pernah meraih gelar All England dua tahun berturut-turut pada 2020 dan 2021.

Sementara pasangan Kamura/Sonoda adalah ganda putra nomor enam dunia pernah meraih medali perak kejuaraan dunia pada 2018.

Mundurnya para pebulu tangkis terbaik itu membuat Jepang kehilangan sejumlah unggulan mereka menjelang Piala Sudirman dan Piala Thomas.

Duet Endo/Watanabe menempati peringkat kelima dunia, sedangkan Kamura/Sonoda berada di urutan keenam dunia.

Menanggapi kabar ini, pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi alias Herry IP mengaku tak kaget.

Pelatih yang sukses melahirkan Minions dan The Daddies (masing-masing untuk julukan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan) itu mengatakan bahwa dia sudah mengetahui kabar tersebut sejak masih berada di Olympiade Tokyo, Jepang, beberapa waktu lalu.

“Saya sudah tahu pas di Jepang, pas Olimpiade Tokyo 2020, karena Endo pamit ke Rionny (Mainaky),” ucap Herry.

“Saya lihat Endo menghampiri Rionny dan ngobrol agak lama. Pas sudah selesai, saya lalu tanya ke Rionny, ‘ada apa?’. Kemudian Rionny menjawab kalau Endo mau mundur dari timnas Jepang,” kata Herry lagi.

Perihal alasan mundur Hiroyuki Endo dari timnas Jepang pun diketahui Herry.

Pelatih berjuluk Coach Naga Api itu mengatakan bahwa alasan mundurnya Endo berkaitan dengan pasangannya saat ini, Yuta Watanabe.

“Jadi, sebelumnya Endo bertanya ke Yuta, apakah masih mau main rangkap atau tidak? Karena Yuta kan main di ganda putra dan ganda campuran,” tutur Herry.

“Endo maunya Yuta fokus main ganda putra saja sama dia, sementara Yuta, karena kemarin dapat medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 di ganda campuran, masih mau main rangkap.”

“Akhirnya, Endo milih mundur,” ucap Herry menjelaskan.

Sementara itu, untuk alasan pensiun yang diambil Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Herry IP mengakui kurang mengetahui secara pasti.

“Pastinya nggak tahu, tetapi sepertinya karena kemarin Kamura baru menikah. Sepertinya ada alasan dari situ,” katanya.

Terlepas dari apapun alasan yang melatari keputusan pensiun Hiroyuki Endo dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Herry menilai hal ini menjadi angin segar bagi Indonesia.

Tim Nasional Jepang berencana akan kembali berlatih bersama pada 13 September untuk persiapan Piala Sudirman yang akan digelar di Vantaa, Finlandia, pada 26 September hingga 3 Oktober. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)