Tiga Demonstran Tewas di Karbala

Karbala, MINA – Sumber-sumber keamanan melaporkan setidaknya tiga tewas ketika mereka menyerbu konsulat di kota suci Syiah, Karbala.

Korban tewas adalah di antara sejumlah pemrotes yang memanjat tembok beton konsulat di kota sebelah selatan ibukota Irak, Baghdad, MEMO melaporkan.

Mereka menggantung bendera Irak di dinding dan membawa slogan-slogan seperti “Karbala gratis, Iran keluar, keluar!”.

Polisi dan pasukan keamanan memberi tembakan ke udara untuk membubarkan kerumunan, kemudian menggunakan langkah-langkah yang lebih ekstrem, termasuk amunisi hidup dan gas air mata.

Perdana Menteri Irak Adil Abdul Mahdi mendesak pemrotes untuk berhenti dan mengatakan kerusuhan mengganggu ekonomi.

Pembunuhan para demonstran terjadi di tengah tindakan keras pemerintah yang semakin brutal, setidaknya 100 orang telah terbunuh pada akhir pekan lalu.

Protes di Irak sendiri telah berlangsung selama sebulan terakhir, dan berakar pada keprihatinan atas tata kelola yang buruk, korupsi dan tingkat pengangguran yang sangat tinggi serta kurangnya kesempatan kerja.

Penargetan Konsulat Iran itu juga mengungkapkan ketidakpuasan banyak orang Irak terhadap pengaruh Teheran dalam politik mereka dan sejauh mana mereka saling terkait.

Banyak pengunjuk rasa yang sebagian besar warga Syiah di wilayah selatan memandang Iran sebagai campur tangan dan menyusup ke sistem politik Irak menyusul tersingkirnya Pemerintah lama Saddam Hussein pada 2003. (T/Ast/RS2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.