TIGA JUTA COPY COVER NABI MUHAMMAD SIAP TERBIT

Polisi menjaga ketat kantor Charlie Hebdo pasca serangan penembakan yang membunuh 12 orang. (Foto: File Channelstv.com)
Polisi menjaga ketat kantor pasca serangan penembakan yang membunuh 12 orang. (Foto: File Channelstv.com)

, 22 Rabi’ul Awwal 1436/13 Januari 2015 (MINA) – Majalah satir Perancis Charlie Hebdo siap diterbitkan hingga jutaan copy edisi khusus dengan cover depan memuat kartun baru Nabi Muhammad.

Staf surat kabar Liberation yang menerbitkan Charlie Hebdo menyatakan, saat ini mereka mempersiapkan edisi baru sampai tiga juta copy akan cetak, yaitu 50 kali lebih banyak daripada biasanya.

Edisi ini akan terbit hari Rabu dalam 16 bahasa, termasuk bahasa Arab, dan akan dijual di 25 negara, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan Selasa.

Liberation menerbitkan cover Charlie Hebdo secara online pada Senin malam, menunjukkan kartun seorang pria bersorban putih memegang tanda bertuliskan “Je suis Charlie“.

Nabi Muhammad di masa lalu telah mendorong serangan penembakan pekan lalu terhadap kantor Charlie Hebdo, yang menewaskan 17 korban, tiga di antaranya polisi.

Dewan Agama Islam dan Persatuan Organisasi Islam Perancis mengeluarkan pernyataan bersama yang menyeru umat Islam tetap tenang dan menghindari reaksi emosional terhadap isu baru.

Polisi Perancis mengatakan, Senin, sebanyak enam anggota sel jaringan kelompok bersenjata terlibat dalam serangan yang mungkin masih buron.

Untuk meyakinkan rakyat yang gelisah pasca serangan itu, pejabat Perancis mengumumkan penyebaran ribuan tentara dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk meningkatkan keamanan, termasuk di sekolah-sekolah Yahudi.

“Kami telah memutuskan memobilisasi 10.000 orang untuk melindungi tempat sensitif di seluruh negeri mulai besok (Selasa) malam,” kata Menteri Pertahanan Jean-Yves Le Drian setelah pertemuan keamanan darurat.

“Ini adalah pertama kalinya pasukan kami dimobilisasi sedemikian rupa di negeri kami sendiri,” tambahnya.

Sebanyak 5.000 petugas keamanan juga merupakan bala bantuan. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0