Tiga Pejabat Militer Senior Iran Tewas di Suriah

Damaskus, 5 Rajab 1437/12 April 2016 (MINA) – Tiga senior yang beroperasi di sebagai penasehat militer untuk pasukan Presiden Bashar Al-Assad, dilaporkan tewas dalam bentrokan dengan kelompok oposisi di Aleppo, provinsi utara Suriah.

Sumber pejabat Suriah di Damaskus mengkonfirmasi kematian para perwira militer Iran yang bernama Hussein Bawas, Mohsen Kaitaslo dan Mohammad Taqi Salkhodi, demikian ARA News memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Iran telah lama mendukung rezim Assad di Suriah, terutama setelah pecahnya konflik Suriah pada tahun 2011.

Pihak berwenang Iran telah memberikan dukungan militer yang luas kepada pasukan militer pro-Assad untuk memerangi oposisi bersenjata.

Pada Januari, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan kepada Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura di Teheran, pemerintah Iran tidak akan membiarkan Arab Saudi menjadi “bahan bakar krisis Suriah”.

Selama beberapa bulan terakhir, pemerintah Iran telah mengumumkan kematian beberapa perwira dan komandan militernya di Aleppo, Suriah, seperti komandan dan penasehat di Garda Revolusi Iran Mayor Jenderal Hussein Hamdani, mantan komandan brigade Sabirin, Rashad Hassouni Zadeh dan penasihat militer Hamid Mokhtarbend.

Dua pekan lalu, pemerintah Iran memberikan penghormatan perpisahan kepada komandan militer Jamal Riza dan Saeed Musafer, yang tewas setelah bentrokan pecah antara pasukan pro-Assad dengan oposisi Provinsi Aleppo. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.