SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berita Terbaru dan Terpecaya Hari ini

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tim Indonesia-Jepang Temukan 9 Kerangka Diduga Tentara Jepang di Papua

sajadi - Jumat, 28 Juni 2024 - 17:09 WIB

Jumat, 28 Juni 2024 - 17:09 WIB

0 Views ㅤ

Jakarta, MINA – Tim Teknis Gabungan Indonesia dan Jepang berhasil mengumpulkan sembilan kerangka manusia yang diduga kuat sebagai tentara Jepang yang tewas pada Perang Dunia II di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

“Penemuan sembilan kerangka ini merupakan hasil positif setelah pada 2019 lalu terjadi penandatanganan kesepakatan kerja sama antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemendikbud dan Kedubes Jepang, mengenai usaha ekskavasi, sisa-sisa, jasad dari para serdadu Jepang yang meninggal waktu perang dunia II, khususnya di daerah Papua,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid di Jakarta, Jumat (28/6).

Pada 1944, sejarah telah mencatat bahwa di wilayah yang kini disebut Indonesia pernah menjadi teater Perang Dunia II. Pertempuran berlangsung di beberapa lokasi dan banyak kisah telah terjadi. Salah satu pertempuran terjadi antara tentara Jepang dan Amerika Serikat di Kepulauan Biak – Numfor, Papua.

Baca Juga: Dewan Masjid Al-Haqqul Mubbiin Khitan 400 Anak Dhuafa

Baca Juga:  Dewan Masjid Al-Haqqul Mubbiin Khitan 400 Anak Dhuafa

Hilmar menyebut, kerangka-kerangka tersebut kini telah sampai di Jakarta untuk diteliti lebih lanjut kepastiannya dengan menggunakan tes DNA.

“Terlepas dari sejarah masa lalu, tentunya upaya ini merupakan misi kita untuk memuliakan manusia, sekaligus pengingat agar tidak terulang di masa mendatang,” imbuhnya.

Langkah berikutnya, lanjut Hilmar adalah mengenai repatriasi atau pengembalian. Harapannya, tahap tersebut dapat terealisasi dalam waktu dekat setelah identifikasi berhasil dilakukan. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pondok Tahfizh Al-Fatah Muaro Jambi Luluskan Angkatan Pertama

Rekomendasi untuk Anda