Timnas U-23 Siap Hadapi Uzbekistan, Ini Strategi Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memberikan arahan anak buahnya dalam saat pertandingan lawan Korea Selatan (Foto: PSSI)

Jakarta, MINA – Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong (STY) yakin dengan kesiapan anak asuhnya di laga semifinal Piala Asia U-23 2024 yang akan menghadapi tim Uzbekistan.

Pelatih asal Korea Selatan ini optimistis timnya mampu meredam Uzbekistan, pada laga yang akan digelar di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Senin (29/4) malam.

Shin Tae-yong mengatakan, persiapan Garuda Muda sangat baik jelang melawan Uzbekistan. Kepercayaan diri para pemain meningkat setelah lolos dari Grup A, yang notabenenya grup neraka. Lalu menyingkirkan Korea Selatan di babak perempat final lewat adu tendangan penalti.

“Beberapa penilaian saya setelah menonton pertandingan Uzbekistan, saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak kebobolan. Salah satu yang krusial, alasan utamanya adalah transisi yang begitu cepat. Uzbekistan bisa transisi menyerang ke bertahan dan bertahan ke menyerang dengan sangat cepat,” katanya seperti dikutip dari laman PSSI.

Baca Juga:  Presiden Sepak Bola Palestina Desak Sanksi kepada Israel

Menurutnya, faktor yang menjadikan Uzbekistan, salah satu tim terkuat di kompetisi ini karena memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sisi penyerangan dan sisi bertahan yang transisinya cepat.

“Hal itu perlu kita atasi dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Strateginya saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia,” kata Shin Tae-yong.

Pemenang laga Indonesia melawan Uzbekistan selain lolos ke final Piala Asia U-23 2024 juga mendapat tiket ke Olimpiade Paris 2026.

Seperti diketahui, Timnas U-23 Indonesia berhasil mencetak sejarah melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024, setelah mengalahkan tim Korea Selatan melalui adu pinalti.

Baca Juga:  Polisi AS Pukuli dan Tangkap Demonstran Pro-Palestina

Sementara itu, striker timnas Uzbekistan, Khusayin Norchaev mengungkapkan timnya harus menjalani dua pertandingan lagi agar bisa meraih juara Piala Asia U-23.

Salah satunya melawan Timnas Indonesia dalam pertandingan semifinal nanti malam.

Uzbekistan lolos ke semifinal Piala Asia U23 2024 setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0.

“Sungguh luar biasa bisa menang melawan Arab Saudi, tapi ini baru perempat final,” kata Norchaev, dikutip dari laman AFC.

“Kami masih perlu mempersiapkan dua pertandingan lagi. Saya yakin kami bisa berbuat lebih banyak lagi, dan kami akan bersiap menghadapi pertandinganpertandingan itu,” tegas Norchaev. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)