Trump Minta China dan Rusia Cepat Selesaikan Krisis Nuklir Korea Utara

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Foto; File)

Beijing, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Kamis (9/11) meminta China dan Rusia untuk bertindak cepat menyelsaikan krisis nuklir Korea Utara, sebelum waktunya habis.

“Kami akan bertindak cepat, tapi mudah-mudahan China bertindak lebih cepat dalam menyelesaikan masalah ini dari siapapun,” kata Trump saat bertemu dengan pemimpin China Xi Jinoing di Beijing.

Trump berterima kasih pada Xi atas upayanya untuk membatasi perdagangan dengan Korea Utara dan memutus semua hubungan perbankan dengan sekutu China, namun dia mendesaknya untuk berbuat lebih banyak.

“China dapat memperbaiki masalah ini dengan mudah dan cepat, dan saya meminta China dan presiden besar Anda untuk dapat mengerjakannya dengan lebih cepat,” kata Trump seperti dikutip MINA dari Naharnet.

Trump, yang direncanakan akan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada pertemuan puncak APEC di Vietnam akhir pekan ini, meminta bantuan dari Moskow, yang juga memiliki hubungan ekonomi dengan Korea Utara.

“Saya juga meminta Rusia untuk membantu mengendalikan situasi yang berpotensi sangat tragis ini,” katanya.

Trump sebelumnya mengatakan dia dan Xi yakin ada solusi untuk kebuntuan nuklir.

Trump tidak menjelaskan solusinya, namun pemerintahannya percaya bahwa pengaruh ekonomi China terhadap Korea Utara adalah kunci untuk menghentikan program senjata nuklir dan misilnya.

Sementara China telah meminta perundingan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan damai. (T/B05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)