Tsunami Banten, Pemprov DKI Berikan Bantuan Pascabencana

Jakarta, MINA – Memasuki hari keempat pascabencana Tsunami Banten, Pemprov DKI Jakarta akan mengubah fokus kegiatan dari ‘tanggap bencana’ menjadi ‘bantuan pasca bencana’ dalam memberikan bantuan kepada para korban.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, saat ini sudah berdiri dapur umum di lokasi bencana Tsunami Banten yang didirikan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta. “Setelah mendapat konfirmasi adanya bencana tsunami di Banten, kami menginstruksikan kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk mencari informasi warga DKI yang menjadi korban musibah ini,” kata Anies seperti yang diterima MINA, Selasa (25/12).

Gubernur menjelaskan, dalam penanganan bencana, pemerintahan bukan “one man show”; tapi seluruh jajaran bekerja di lapangan. Puluhan jajaran Pemprov DKI, bekerja untuk warganya, untuk sesama. Mereka yg paling berpeluh, pada mereka kita berikan apresiasi!

Tim Pemprov DKI bekerja cepat, berkordinasi dengan instansi terkait dan mendatangi lokasi bencana di hari itu juga (Ahad, 23/12). Tim yang terdiri dari Tenaga Medis Rumah Sakit Tarakan, personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Dinas Kehutanan (Dishut) dikerahkan untuk membantu evakuasi korban. Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) juga menurunkan tim di lapangan.

“Alhamdulillah, hingga saat ini hampir semua korban luka dan meninggal sudah ditemukan dan teridentifikasi. Masih ada korban balita asal Jakarta yang sedang dalam proses identifikasi dan evakuasi dari lokasi bencana ke Rumah Sakit Tarakan, Jakarta,” kata Anies.

“Menangani bencana adalah kerja kolosal. Kami percaya, kerja Bersama jajaran pemerintah dan masyarakat di lapangan akan mempercepat proses pemulihan pasca bencana,” lanjutnya.

Para Walikota kami juga ikut mengawal warganya yang menjadi korban, mengunjungi ke rumah sakit, dan ikut menghadiri pemakaman yang meninggal dunia. (T/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)