Turki akan Tingkatkan Dukungan Militer ke Libya Jika Diperlukan

Ankara, MINA – Presiden pada Ahad (22/12) berjanji bahwa akan meningkatkan dukungan militernya ke jika perlu.

Komentarnya muncul sehari setelah Parlemen Turki meratifikasi kesepakatan kerja sama keamanan dan militer yang ditandatangani antara Ankara dan Tripoli bulan lalu.

“Kami akan mengevaluasi semua jenis dukungan militer, termasuk opsi darat, laut dan udara jika perlu,” kata Erdogan dalam pidatonya di provinsi barat laut Kocaeli, demikian Nahar Net melaporkan.

Meskipun Erdogan mengatakan Turki bersedia mengirim pasukan ke Libya, pemerintah harus mencari mandat terpisah dari Parlemen Turki untuk mengirim pasukan berperang di sana.

Turki mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui PBB yang berbasis di Tripoli dalam perjuangan melawan orang kuat di Libya timur, Khalifa Haftar.

Haftar didukung oleh Arab Saudi, Mesir dan Uni Emirat Arab, negara-negara yang Turki memiliki hubungan yang tegang atau terbatas.

Pasukan yang setia kepada Haftar mengatakan pada Sabtu (21/12) bahwa mereka telah menangkap sebuah kapal Turki untuk memeriksa muatannya, tetapi Ankara belum membuat komentar resmi atas klaim tersebut. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.