TURKI TERBITKAN AL-QUR’AN TERJEMAHAN BAHASA KURDI

quran kurdi onislam
Al-Quran terjemah bahasa Kurdi. (onislam)

Istanbul, 16 Rajab 1436/5 Mei 2015 (MINA) – Setelah menempuh kerja keras selama kurang lebih lima tahun, akhirnya Turki dapat menyelesaikan usahanya dalam menerjemahkan Al-Quran ke dalam bahasa Kurdi.

“Presiden ingin Al-Quran yang berisi ajaran universal dan global, berisi pesan Islam yang menjadi rahmat bagi umat manusia, dapat diterjemahkan dalam semua bahasa di bumi,” kata Direktur Jenderal Publikasi Agama Dr. Yuksel Salman, pekan kemarin, seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dari Onislam Sabtu (2/5) lalu.

Salman mengutip sebuah ayat dari Al-Qur’an yang artinya, “Dan dari tanda-tanda-Nya adalah keragaman (manusia) bahasa dan warna sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang dengan berpengetahuan”, katannya.

“Yang terbaru adalah terjemahan Al-Quran ke dalam bahasa Kurdi, dan kita cetak 10.000 eksemplar,” tambahnya.

Salman mengatakan, pemerintah Turki telah menerbitkan 1.150 karya buku-buku keislaman sejak tahun 1924, dan berbagai publikasi meningkat setelah tahun 1990-an.

Salman mengatakan bahwa upaya untuk menerjemahkan Al-Quran ke dalam bahasa lainnya juga telah dilakukan, dengan menerbitkan Al-Quran ke dalam 26 bahasa, dan target selanjutnya adalah terjemahan ke bahasa Jerman, Perancis dan Rusia.

Dia menambahkan bahwa pemerintah juga akan menerbitkan terjemahan Al-Qur’an ke dalam 15 bahasa lainnya dalam jangka dekat, terutama dalam beberapa bahasa Azerbaijen, Kazakhtan, Denmark dan Albania, dan akan mengirim terjemahan tersebut ke luar negeri.

Dr. Yuksel Salman menambahkan banyak warga setemat terutama dari daerah pesisir dan wisatawan yang datang dari luar negeri ke Turki,  dan mereka ingin belajar tentang Islam dan Al-Qur’an.

Salman menambahkan bahwa minat mengkaji Islam dan Al-Quran melonjak justru setelah munculnya Islamofobia, terutama di Eropa .

Catatan Wiki menyebutkan, Bahasa Kurdi merupakan bagian rumpun bahasa Iran barat dari bahasa-bahasa Indo-Eropa. Sekitar 26 juta orang bertutur dalam bahasa Kurdi, seperti di Iran, Irak, Turki, Suriah, Lebanon, Armenia, Georgia, Kirgistan, Azerbaijan, Kazakstan dan Afghanistan.

Bahasa Kurdi mulai muncul dalam tulisan dalam versi alfabet Persia selama abad ke-7 M. Namun, orang-orang Kurdi lebih memilih untuk menggunakan bahasa Arab, Persia atau Turki untuk karya sastra mereka. (T/nza/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Admin

Editor: Bahron Ansori

Comments: 0