Turki dan Lebanon Sepakat Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan

Beirut, MINA – Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengadakan pembicaraan bilateral pada Jumat di Beirut dengan Perdana Menteri Saad al-Hariri dalam kunjungan resmi ke negara itu.

“Kami sepakat dengan Saad al-Hariri untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara. Untuk tujuan ini, kami akan mengadakan Komisi Ekonomi Bersama,” tulis Cavusoglu di Twitter.

“Perusahaan-perusahaan Turki siap memberikan kontribusi lebih lanjut untuk infrastruktur dan pengembangan Lebanon. Kami melihat Libanon sebagai saudara dan negara tetangga,” katanya seperti dikutip dari AAnadolu.

Cavusoglu juga menyatakan dukungan Turki untuk militer Lebanon.

Keduanya juga sepakat untuk merealisasikan perjanjian zona perdagangan bebas yang ditandatangani kedua negara.

Hariri, mengatakan dia telah mencabut pembatasan masuknya beberapa produk Turki ke negara itu pada Kamis.

Cavusoglu  sebelumnya mengadakan pembicaraan dengan Presiden Michel Aoun dan kemudian  bertemu dengan Ketua Parlemen Nabih Berri dan Menteri Dalam Negeri Raya al-Hassan.

“Kami telah menggarisbawahi pentingnya perlindungan stabilitas dan keamanan Libanon dan menyatakan bahwa Kementerian Dalam Negeri kami siap untuk lebih meningkatkan kerja sama [dengan Lebanon] di berbagai bidang,” cuit Cavusoglu setelah bertemu dengan Al-Hassan.(T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.