TURKI GELAR PAMERAN BUKU INTERNASIONAL TERBESAR

Pameran buku internasional terbesar Turki (AA)
terbesar . (AA)

Istanbul, 16 Muharam 1435/9 November 2014 (MINA) – Pameran buku internasional terbesar Turki ke-33 mulai dibuka bagi pengunjung pada Sabtu.

Berbicara pada acara pembukaan pameran buku tersebut, Zoltan Balog, Menteri Sumber Daya Manusia dari Hongaria -tamu kehormatan pameran- mengatakan bahwa terjemahan buku-buku antara pameran Turki dan Hongaria dan pelaksanaan pameran buku itu menghubungkan dua budaya.

“Banyak orang belum pernah datang ke Hungaria, tapi dari buku-buku Hungaria yang dibeli oleh para pengunjung di pameran ini akan menjadi pengenalan untuk Hungaria. Pembaca akan melihat persahabatan antara Turki dan Hungaria yang sudah terjalin selama berabad-abad,” kata Zoltan Balog.

Paviliun Hungaria di pameran buku internasional tersebut akan mendatangkan penulis-penulis terkemuka di Hungaria seperti Peter Esterhazy, Laszlo Darvas dan Dora Csanyi, dan Katalin Szegedi.

Tahun ini, Internasional Istanbul Book Fair ke-33 melibatkan lebih dari 850 penerbit dari seluruh dunia, dan 270 kegiatan seperti diskusi panel, seminar dan lain-lain.

Tema International Istanbul Book Fair ke-33 adalah “100 Years of Cinema Turki” (seratus tahun Cinema Turki).  Seorang kritikus film dan penulis, Atilla Dorsay, mengatakan bahwa Turki membuat kemajuan besar tahun ini dalam bidang perfilman, sastra dan musik.

Pameran tersebut dapatdikunjungi pada pukul 10:00-19:00 waktu setempat setiap hari hingga 16 November. Pameran boleh dikunjungi gratis oleh siswa dan guru, dan biaya lima Lira Turki untuk pengunjung lainnya. (T/P003/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0