Turki Larang Parade Gay di Istanbul Karena Alasan Keamanan

, 12 Ramadhan 1437/17 Juni 2016 () – Pihak berwenang di Kota Istanbul Turki telah melarang rencana acara parade tahunan Pride  (Kebanggan Gay) pada akhir bulan ini, dengan alasan dikhawatirkan mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

Larangan yang membuat marah penyelenggara parade itu, keluar setelah kelompok ultra-nasionalis dan konservatif mengatakan mereka tidak akan membiarkan acara itu terlaksana di tanah Turki.

Kantor Gubernur Istanbul mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat bahwa pawai 26 Juni telah dilarang karena kepedulian terhadap ketertiban umum dan untuk menjaga keamanan, demikian Al-Jazeera memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Hal itu berarti, siapa pun yang mengambil bagian dalam parade pada 26 Juni, akan berisiko menghadapi intervensi oleh pasukan keamanan.

Baca Juga:  Delegasi Media UEA Kunjungi MINA

Dalam beberapa hari terakhir, kelompok garis keras telah bersumpah untuk melakukan “apa yang diperlukan” guna menghentikan pawai Istanbul Gay Pride.

Hingga 2015, pawai Pride Gay telah diadakan pada 12 kesempatan, sebagian besar tanpa insiden. Acara itu tumbuh menjadi yang terbesar di negara dengan ribuan orang berpartisipasi.

Namun di tahun lalu, parade itu dilarang oleh gubernur sejam sebelum acara. Segera setelah itu, polisi melakukan intervensi untuk pertama kalinya dalam sejarah 13 tahun acara tersebut. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.