Turki Tegaskan Dukungan kepada Pemerintah Tripoli Libya

Istanbul, MINA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kembali dukungannya kepada pemerintah Libya yang diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Tripoli.

Erdogan bertemu dengan kepala Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya, Fayez Al-Sarraj pada Jumat (5/7) di Istana Dolmabahce Istanbul dan membahas hubungan bilateral antara kedua negara, perkembangan terbaru di Afrika Utara dan masalah regional.

Erdogan juga mengatakan bahwa pihaknya mendukung Al-Sarraj untuk perdamaian dan stabilitas Libya. Demikian Anadolu Agency melaporkan.

“Agar serangan milisi ilegal yang loyal kepada komandan Libya Khalifa Haftar diakhiri,” kata dia.

Awal April lalu, Haftar, pemimpin pasukan yang setia kepada lawan pemerintah yang berbasis di timur Libya, melancarkan kampanye luas untuk merebut Ibu Kota, namun gagal mencapai tujuan utama, meski mereka telah merebut beberapa kota strategis di sekitarnya.

Libya dilanda gejolak sejak 2011 ketika pemberontakan yang didukung NATO menyebabkan penggulingan dan kematian Presiden Muammar Gaddafi yang lebih dari empat dekade berkuasa.

Sejak itu, perpecahan politik menghasilkan dua kursi kekuasaan di Tobruk dan Tripoli dan sejumlah kelompok milisi bersenjata lengkap. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)