Turkiye akan Pindahkan Kedutaan dari Khartoum ke Port Sudan setelah Penembakan Mobil Dubesnya

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu (Foto file - Anadolu Agency)

Antalya, MINA – Menteri Luar Negeri Turkiye mengatakan negaranya akan memindahkan kedutaan di ke Port Sudan, menyusul penembakan mobil duta besar Turki, Sabtu (6/5).

“Dengan rekomendasi dari pemerintah transisi dan , kami memutuskan memindahkan kedutaan kami sementara ke Port Sudan untuk alasan keamanan,” kata Cavusoglu kepada wartawan di selatan kota Antalya. The New Arab melaporkan.

Mobil Duta Besar Turki di Sudan Ismail Cobanoglu, mendapat tembakan dari para penyerang, meskipun tidak ada yang terluka, kata sumber diplomatik Turki pada Sabtu pagi.

Cobanoglu “tetap dalam keadaan sehat”, tambah sumber tersebut. Para pelaku belum teridentifikasi. Motif di balik serangan itu juga masih belum diketahui.

Sejak 15 April lalu, bentrokan terus terjadi di Sudan antara tentara Sudan yang dipimpin oleh Abdel Fattah Al-Burhan dan Pasukan Pendukung Cepat (RSF) yang dipimpin Mohamed Hamdan Daglo.

Lebih dari 500 orang tewas, sementara puluhan ribu orang mengungsi ke negara tetangga seperti Chad, Mesir dan Ethiopia untuk menghindari konflik yang kini memasuki pekan keempat.

Khartoum, tempat sebagian besar pertempuran terjadi, menyaksikan serangkaian serangan udara pada Sabtu, menurut saksi mata. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)