UAR Bergabung dalam Sosialisasi FKP3 Jawa Barat

Bandung, MINA – Lembaga kemanusiaan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) ikut bergabung dalam sosialisasi Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) tingkat wilayah Jawa Barat (Jabar) diselenggarakan oleh .

Acara dibuka oleh Abdul Haris Achadi, S.H., Dess, Deputi Bidang Tenaga dan Potensi Basarnas.

“Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) merupakan forum yang dibentuk Basarnas sebagai wadah untuk Koordinasi,” kata Abdul Haris dalam keterangan pers di Bandung, (2/3).

Ia mengatakan, bahwa komunikasi dan sinergi antar potensi pencarian dan pertolongan baik instansi, organisasi dan perorangan yang sudah diatur dalam PP. No 21 Tahun 2017 tentang pembinaan potensi pencarian dan pertolongan,

PP No 22 tahun 2017 tentang operasi pencarian dan pertolongan, Peraturan presiden No 83 Th 2016 tentang Basarnas dan Peraturan Kepala Basarnas tentang FKP3.

Kegiatan dihadiri Komisi V DPR RI, Kepala Kantor SAR Bandung beserta jajaran, Kalak BPBD Jabar, Danlanud Husein Sastranegara, Danlanal Bandung dan Karo Ops Polda Jabar.

Kegiatan ini bertujuan katanya, untuk melaksanakan fungsi Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan melalui pengendalian dengan menyelenggarakan wadah bagi seluruh Potensi Pencarian dan Pertolongan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Kegiatan dihadiri 55 peserta terdiri dari Instansi dan organisasi masyarakat. termasuk 2 personil .

Ia berharap forum ini dapat menyatukan visi dan misi dalam pelaksanaan operasi SAR saat terjadi kondisi kedaruratan di wilayah kota Bandung.

“Forum tersebut dapat meningkatkan kapabilitas potensi pencarian dan pertolongan melalui perencanaan dan penyusunan program program kerja di masa akan datang, melalui forum ini bisa meningkatkan kompetensi pembuatan rencana kontijensi, diseminasi dan ide ide progresif di bidang pencarian dan pertolongan lainnya.

Anggota Komisi V DPR Bambang Hermanto menyampaikan peningakatan kompetensi SDM terlebih potensi SAR merupakan aspek yang sangat penting mengingat masih minimnya anggota Basarnas.

Kegiatan dilanjutkan paparan Deputi Bidang Bina Tenanga dan Potensi Basarnas tentang kolaborasi pada tanggap darurat Kepala Kantor SAR Bandung tentang evaluasi dukungan potensi dalam pelaksanaan operasi SAR. (L/R4/P2)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.