UE Tolak Kehadiran Ben-Gvir Pada Upacara Hari Eropa

Tel Aviv, MINA – Uni Eropa (UE) menyatakan penolakannya terhadap kehadiran Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel dalam upacara yang akan diadakan di Tel Aviv, Selasa (9/5).

Menurut Saluran 12 Israel, delegasi UE mengatakan kepada Kementerian Luar Negeri Israel, blok tersebut tidak menginginkan kehadiran Ben-Gvir sebagai perwakilan Israel pada upacara Hari Eropa karena pandangan politik sayap kanan dan rasisnya.

“Kami tidak mendukung pandangan politik Menteri Ben-Gvir atau partainya. Misalnya, banyak pernyataan dan pendapatnya di masa lalu bertentangan dengan pandangan yang diwakili oleh Uni Eropa,” kata seorang pejabat UE kepada penyiar publik Israel KAN.

Surat kabar Israel Haaretz mengutip duta besar Eropa untuk Israel, tanpa menyebutkan namanya mengatakan, dia memilih untuk tidak bertemu atau bekerja dengan Ben-Gvir atau Menteri Keuangan ekstrimis Bezalel Smotrich karena pandangan mereka.

Kantor Ben-Gvir, sementara itu, mengatakan menteri Israel masih berencana untuk menghadiri acara perayaan Hari Eropa.

Ben-Gvir memegang pandangan sayap kanan tentang Palestina dan menyerukan pemindahan mereka. Ia telah berulang kali bergabung dengan pemukim Israel dalam menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.