UII Teguhkan Nilai Islam Guna Berdaya Saing Global

Foto: UII
Foto:

Yogyakarta, 4 Jumadil Akhir 1437/13 Maret 2016 (MINA) – Universitas Indonesia (UII) kembali akan menggelar berbagai kegiatan guna menyambut Milad ke-73, pada 16 Mei 2016 mendatang. Milad UII kali ini mengangkat tema “Meneguhkan Nilai Islam Menuju Universitas yang Berdaya Saing ”.

Eksistensi perguruan tinggi saat ini senantiasa tidak terlepas dari dinamika pendidikan di tingkat global. Perguruan tinggi dihadapkan pada persaingan global yang semakin ketat dan kompetitif.

Rektor UII, Harsoyo mengatakan, oleh karenanya untuk bertahan di era tersebut, UII dituntut untuk terus beradaptasi dan mengembangkan diri.

“Meski demikian, pengembangan UII tetap didasarkan pada peneguhan nilai-nilai Islam yang menjadi semangat utama pendirian kampus ini,” ungkap Harsoyo dalam sambutannya saat pembukaan rangkaian kegiatan Milad ke-73 UII beberapa waktu lalu, demikian laporan dari laman resmi UII yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lebih lanjut ia mengatakan, internasionalisasi pendidikan di UII menjadi salah satu kebijakan kampus guna menjawab tantangan global. Sebagai realisasinya, satu per satu Program Studi (Prodi) unggulan di UII mulai mengupayakan pencapaian akreditasi internasional sebagai pengakuan atas kualitas pendidikan yang telah memenuhi standar pendidikan di tingkat global.

“Ini juga berarti, para lulusan UII dari Prodi terakreditasi internasional akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk diakui kompetensinya ketika bekerja di berbagai negara,” tuturnya.

Dalam acara pembukaan tersebut, turut hadir Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Intan Ahmad, Perwakilan dari Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf  UII, Luthfi Hasan, segenap Wakil Rektor UII serta para Dekan dari berbagai fakultas yang ada di lingkungan UII.

Pembukaan ditandai secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Rektor UII, di AuditoriumKaharmudzakkir UII, diiringi dengan penayangan logo Milad ke-73 UII dan penayangan berbagai agenda kegiatan yang akan diselenggarakan. (T/P006/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.