Umrah Dengan Kapal Laut, Sibolga Dipersiapkan

Pelabuhan Sibolga di Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara .(Foto: Portal Hubla RI)

, MINA – Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan terus mematangkan rencana menjadikan pelabuhan laut Sibolga, , sebagai pelabuhan laut untuk menunaikan ibadah ke tanah suci Arab Saudi dengan .

Dia bertekad memajukan Kota Sibolga dengan mewujudkan sebagai pusat pemberangkatan jamaah umrah dengan kapal laut khusus wilayah Pantai Barat Sumatera.

Orang nomor satu di Kota Sibolga menggandeng Presiden Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA), Pasoroan Herman Harianja untuk menjalin kerja sama dan kembali membahas rencana itu lewat Seminar Nasional Kemaritiman (Hybrid) mewujudkan visi maritim berbasis religi bertajuk “Umrah Dengan Kapal Laut Dari Pelabuhan Kota Sibolga”.

Seminar yang digelar secara hibrida di Gedung Terminal Keberangkatan Penumpang PT Pelindo di Pelabuhan Sibolga, Kamis (8/9), dihadiri dan dibuka langsung Deputi Kemenko Marves RI, Basilio Dias Araujo, mewakili Menko Marves Luhut B Pandjaitan.

Menurut Deputi Kemenko Marves dalam keterangannya usai pembukaan kepada wartawan, konsep perjalanan umrah dengan Kapal Laut dari Pelabuhan Kota Sibolga yang diinisasi oleh Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, merupakan ide sangat bagus dan kreatif sebagai kepala daerah.

“Pemerintah pusat tentunya sangat mengharapkan ide-ide kreatif dari daerah-daerah lain seperti yang dilakukan oleh Wali Kota Sibolga,” ujarnya.

Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan menyatakan, dengan melihat kondisi dan potensi Kota Sibolga sebagai Daerah Maritim, dia berharap agar keinginan dan visi misi Kota Sibolga dapat terwujud dan tercapai dengan baik.

“Saya berkeinginan untuk memajukan Kota Sibolga ini dengan membuka umrah menggunakan kapal pesiar,” tegasnya.

Sebelumnya, President INAMPA Pasoroan Herman Harianja menyampaikan langkah-langkah untuk mewujudkan Kota Pelabuhan Sibolga sebagai pusat bisnis maritim di Pantai Barat Sumatera.

“Dengan menggunakan traveling umrah kapal pesiar, saya yakin, Kota Sibolga akan menjadi pusat tempat persinggahan, dan menumbuhkan perekonomian di Kota Sibolga. Mari kita ubah pola pikir menjadi yang lebih baik lagi, saling bekerja sama agar dapat mewujudkan visi dan misi Wali Kota Sibolga,” ujarnya.

Seminar yang dilaksanakan secara virtual tersebut menghadirkan  pembicara utama  Dirjen Perhubungan Laut, Arif Toha Tjahjagama, Plt Dirjen Imigrasi, Widodo Ekatjahjana, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Abdul Kadir Jailani, dan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Maxi Rein Rondonuwu, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Hilman Latief, Ketua umum MUI Sumut, Maratua Simanjuntak, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf RI, R Kurleni Ukar, CEO Ican Holiday Sendy Majafara, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga, Aswin Kosotali, dan Kepala Bappeda Sibolga, Juneidfi Tanjung.

Sementara Pembicara Kehormatan dan Pemberi Sambutan dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, dan Pembuka dan Sambutan Kunci Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan, serta Pidato Penutupan oleh Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba L Tobing.

Bertindak sebagai moderator, Raja Oloan Saut Gurning dari ITS dan Vice President INAMPA, Agoes Soeryanto.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.